Liga Champions

Liverpool Cukur Ajax 3-0, Dampingi Napoli ke Babak 16 Besar Liga Champions

Liverpool yang bertandang ke stadion Amsterdam Arena, Markas Ajax sukses mepercundangi tuan rumah dengan skor telak 3-0 dan berhak lolos ke babak 16 besar.

Featured-Image
Liverpool gasak Ajax 3-0. (Foto: Twitter @LFC)

bakabar.com, JAKARTA – Liverpool yang bertandang ke markas Ajax, sukses meraih kemenangan 3-0 dari tuan rumah sekaligus mendampingi Napoli lolos ke babak 16 besar Liga Champions 2022/2023.

The Reds yang melawat ke markas Ajax di Stadion Amsterdam Arena sukses menggasak tuan rumah dengan skor telak 3-0 dalam lanjutan matchday kelima fase Grup A Liga Champions, Kamis (27/10) dini hari WIB.

Tiga gol The Reds yang bersarang ke gawang de Godenzonen masing-masing dikemas oleh Mohamed Salah, Darwin Nunez, dan Harvey Elliot.

Kemenangan tersebut membuat pasukan Jurgen Klopp mengunci posisi kedua klasemen Grup A dengan perolehan 12 poin sekaligus berhak lolos ke babak 16 besar Liga Champions.

Sedangkan, Ajax hanya mampu meraih 3 poin dari lima pertandingan yang sudah mereka lakoni dan bertengger di posisi ketiga klasemen grup A.

Jalannya Pertandingan

Tuan rumah tampil menekan pertahanan Liverpool ketika laga baru berjalan dua menit. Lini pertahanan The Reds mendapat ancaman melalui tendangan Berghuis namun sepakkannya masih mengenai mistar gawang.

Lini pertahanan pasukan Jurgen Klopp lagi-lagi di buat kewalahan oleh tuan rumah, melalui skema permainan pressing, Ajax mampu membuat Liverpool kesusahan meladeni de Godenzonen.

Tuan rumah kembali mendapat peluang di menit ke-16 lewat tendangan Berghuis namun bola masih melebar dari gawang.

Semenit berselang, Alisson Becker kembali mendapat ancaman, kali ini lewat tendangan keras Jorge Sanchez tapi masih mampu diamankan oleh kiper.

Mohamed Salah cs lantas mencoba tampil keluar dari tekanan tuan rumah. Hasilnya, Salah mendapat peluang di menit ke-29 lewat umpan dari Robertson yang berhasil disambar lewat tendangan voli, namun masih mengenai pemain Ajax.

Kedua tim terus saling memberikan perlawanan. Peluang demi peluang tercipta oleh kedua tim namun belum ada satu gol pun yang tercipta.

Memasuki menit ke-42, Liverpool akhirnya mampu memecah kebuntuan lebih dulu lewat gol Mohamed Salah.

Salah yang menerima umpan silang dari Jordan Henderson lantas dengan cerdiknya mengelabui kiper Ajax dengan menchip bola hingga masuk ke gawang Pasveer.

Di sisa tiga menit jelang babak pertama berakhir, Liverpool mendapatkan dua kali peluang untuk menggandakan keunggul. Namun, kedua peluangnya masih mengenai mistar gawang Ajax.

Hingga babak pertama usai, skor keunggulan untuk tim tamu 0-1 tetap tak bertambah.

Babak kedua yang baru berjalan empat menit, The Reds sudah kembali menggandakan keunggulan mereke menjadi 0-2.

Kali ini lewat tandukan Darwin Nunez yang menempatkan bola ke pojok kanan gawang usai memanfaatkan umpan Robertson dari sepakkan pojok.

Dua menit berselang, Liverpool semakin memperlebar jarak keunggulan mereka dari tuan rumah menjadi 0-3.

Berkat umpan through pass yang diberikan Salah ke Harvey Elliot yang mampu berlari menusuk lini pertahanan Ajax dari sisi kanan yang kemudian ia tuntaskan degan tembakan keras yang tak mampu dihalau oleh Pasveer.

Tertinggal 0-3 dari tim tamu, Bergwijn cs lantas mencoba kembali mendominasi permainan. Alhasil, Ajax mendapat peluang di menit ke-65 lewat tendangan Bergwijn namun bola masih melambung.

Dua menit kemudian, giliran Kenneth Taylor yang mencoba menjebol gawang Alisson, nampun tendangan masih belum mampu merobek gawang The Reds.

Hingga laga usai, skor 0-3 untuk kemenangan Liverpool di Amsterdam Arena tak kunjung berubah.

Susunan Pemain

Ajax: Remko Pasveer; Jorge Sanchez, Jurrien Timber, Daley Blind, Calvin Bassey, Davy Klaassen, Edson Alvarez, Steven Bergwijn, Brian Brobbey, Dusan Tadic.

Liverpool: Alisson Becker; Trent Alexander-Arnold, Joe Gomez, Van Dijk, Robertson, Jordan Henderson, Fabinho, Harvey Eliott, Mohamed Salah, Firmino, Darwin Nunez

Editor
Komentar
Banner
Banner