Sport

Live Trans7 MotoGP Valencia 2020 Malam Ini, Utak-atik Peluang Joan Mir Juara Dunia, Morbidelli Siap Jegal

apahabar.com, VALENCIA – Gelar juara dunia balap MotoGP 2020 di abang pintu dan Joan Mir berpeluang…

Featured-Image
Joan Mir juara dunia. Foto-Twitter

bakabar.com, VALENCIA – Gelar juara dunia balap MotoGP 2020 di abang pintu dan Joan Mir berpeluang besar meraihnya dalam seri Grand Prix Valencia, malam ini.

MotoGP Valencia 2020 dihelat di Sirkuit Ricardo Tomo, Minggu (15/11), Live Trans7 pukul 19.00 WIB.

Seri balapan itu jadi kans terbesar Joan Mir, pembalap Suzuki Ecstar itu merai gelar juara dunia, dari total 2 seri tersisa.

Di klasemen sementara MotoGP 2020, Joan Mir saat ini berada dipuncak dengan selisih 37 poin dari peringkat dua dan tiga, Fabio Quartararo (Petronas Yamaha SRT) dan Alex Rins (Suzuki Ecstar).

Joan Mir mengemas 162 poin sementara Fabio Quartararo dan Alex Rins mengumpul 125 poin.

Rider asal Spanyol itu berpeluang besar menyudahi perburuan gelar dunia MotoGP 2020, malam ini, kendati masih tersisa 2 seri lagi.

Lantas, seperti apa kans Joan Mir dapat merebut gelar juara dunia MotoGP 2020 hari.

Ada beberapa catatan, seperti dilansir dari laman MotoGP, Joan Mir bisa mengunci gelar juara dunia:

1. Joan Mir naik podium, tanpa melihat di mana para pesaingnya akan finis.

2. Finis di urutan ke-4, ke-5, atau ke-6. Sedangkan Fabio Quartararo atau Alex Rins tidak menang.

3. Joan Mir finis di peringkat 7, sedangkan Quartararo, Rins, atau Maverick Vinales tidak menang.

4. Finis di urutan 8, 9, atau 10, dan Vinales tidak menang, ditambah Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi ketiga.

5. Finis ke-11, dan Vinales, Franco Morbidelli atau Andrea Dovizioso tidak menang, dan Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi ketiga.

6. Joan Mir finis di urutan ke-12, ke-13 atau ke-14, dan Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, Vinales finis tidak lebih baik dari posisi ketiga, serta Quartararo dan Rins tidak naik podium.

7. Finis ke-15, sementara Morbidelli atau Dovizioso tidak menang, Vinales finis tidak lebih baik dari posisi ketiga, serta Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi kelima.

8. Joan Mir gagal mencetak poin dan Morbidelli serta Dovizioso finis tidak lebih baik dari posisi ketiga, Vinales tidak naik podium, Quartararo dan Rins finis tidak lebih baik dari posisi kelima.

Pada balapan MotoGP Valencia 2020 nanti malam, Joan Mir sendiri harus memulai dari balapan di posisi 12.

"Saya tidak dapat menemukan perasaan terbaik selama kualifikasi, tetapi saya tahu bahwa saya dapat berjuang dengan baik besok karena secara umum saya merasa baik. Saya akan fokus pada balapan saya sendiri, tanpa memikirkan pembalap dan rival lain," kata Mir dikutip dari akun twitternya.

img

Franco morbidelli. Foto-crash

Morbidelli Siap Jegal Mir

Sementara itu Franco Morbidelli sukses merebut pole position usai tampil sebagai yang tercepat pada sesi kualifikasi.

Morbidelli akan ditemani oleh Jack Miller (Pramac Ducati) dan Takaaki Nakagami (LCR Honda) di grid terdepan.

Bagi Morbidelli, ini adalah pole position kedua sepanjang kariernya di kelas MotoGP. Terakhir, Morbidelli menjadi pole sitter di MotoGP Catalunya 2020.

Di sisi lain, Morbidelli menjaga ambisi menjadi juara MotoGP 2020 sekaligus menjungkalkan Joan Mir yang merupakan calon kuat perebut gelar Marc Marquez.

Morbidelli yang kini menempati pegingkat kelima di klasemen dengan 117 poin sebenarnya memiliki peluang yang cukup kecil untuk menjadi juara dunia.

Namun hasil baik di kualifikasi MotoGP Valencia membuat pembalap Petronas Yamaha itu semangat.

“Senang rasanya. Kami tahu apa yang terjadi pada pekan lalu dan sepertinya kami bisa memecahkan masalah. Saya merasa jauh lebih baik kemarin. Hari ini kami berhasil meraih tempat terbaik,” ucap Morbidelli.

“Ini menyenangkan. Sekarang saya harap kami bisa menjaga ritme dalam balapan besok,” tambahnya dilansir dari Speedweek.

Berjarak 45 poin dari Mir, Morbidelli masih menyimpan keinginan menjadi juara dunia pada musim ketiganya bersaing di MotoGP.

“Ya saya berupaya meraih hasil terbaik. Jika saya berhasil menempati posisi pertama maka itu sempurna. Jika saya finis kedua, ketiga atau keempat, itu bagus juga. Saya yakin harus menang untuk masuk dalam persaingan juara,” ujar Morbidelli.

“Peluangnya cukup kecil, ada 50 poin lagi yang tersisa. Tetapi kami tidak akan menyerah. Dengan pole position, saya mencetak posisi start yang bagus,” sambung mantan juara dunia Moto2 itu.

Setelah MotoGP Valencia, Morbidelli pun menyambut antusias MotoGP Portugal yang akan menjadi penutup musim ini pada pekan depan.

Komentar
Banner
Banner