E-SPORTS

Liga Esport Nasional 2023 : Dimulai 27 Juni Hingga 12 November 2023 Dengan Hadiah Fantastis

Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PB ESI) saat ini tengah melangsungkan Liga E-sport Nasional 2023 bersama dengan Garudaku.

Featured-Image
Game Mobile Legend. (Foto: Tangkapan layar RRQ)

bakabar.com, JAKARTA - Pengurus Besar E-Sport Indonesia (PB ESI) saat ini tengah melangsungkan Liga E-sport Nasional 2023 bersama dengan Garudaku.

Disebutkan tujuan diadakannya kejuaraan ini untuk Mewadahi talenta-talenta berbakat, baik yang sudah profesional atau pun yang masih muda.

Selin itu, pengadaan dari Liga Esport Nasional ini merupakan bentuk tanggung jawab yang dilakukan PB ESI yang berkolaborasi dengan Garuda untuk prestasi Esport Indonesia ke depan.

"Liga esport nasional tahun 2023 ini adalah salaah sayu program dari pbesi bagaimana kita agar mendapatkan atlet2 dan tim esport terbaik dri negara kita," kata ketua harian PB ESI, Bambang Sunarwibowo.

Untuk liga esport nasional kali ini rencana akan dibuat secara terstruktur. Liga akan dimulai dari tahapann liga 3, lalu berlanjut ke liga 2 kemudian liga 1 dan ditutup oleh playoff bagi para tim teratas di liga 1 .

Pelaksanaan yang terstruktur seperti ini diharapkan oleh Bambang dapat menjadikan olahraga esport di tanah air menjadi salah satu yang terbaik di dunia. "Kita harapkan ke depan cabor esport akn menjadi yang terbaik di dunia," ujar Bambang.

Sedangkan untuk pelaksanaannya, bagi liga 3 akan diselenggarakan secara online kata CEOO Garudaku Ricky Setiawan dengan dua metode, jalur tertutup dan terbuka.

"Jalur terbuka sesuai namanya bisa diikuti oleh siapapun. Ini terbuka untuk umum tanpa ada batasan tim. Jalur tertutup adalah jalur untuk tim-tim yang termasuk dalam kategori tim profesional. Jalur ini khusus untuk tim-tim yang telah memenuhi persyaratan tim profesional pb esi dan terdaftar di PB ESI," terang Ricky.

Untuk pendaftaran sendiri kata Ricky sudah dibuka sejak kemarin 27 Juni dan akan ditutup pada 18 Juli. Khusus jalur tertutup, akan ada 32 slot submission pro-tim dan slot-slot tersebut diberikan dengan basis first come first serve.

"Artinya siapa yang berhasil terdaftar sebagai tim profesional PB ESI kemudian mendaftar si jalur ini (tertutup) akan mendapatkan slot," ungkap Ricky.

Babak kualifikasi dijelaskan Ricky untuk jalur terbuka bakal diadakan pada 22 Juli. Sementara untuk jalur tertutup di tanggal 29 Juli-6 Agustus.

Nantinya 8 tim terbaik dari masing-masing jalur berhak mendapatkan promosi ke liga 2. Artinya akan ada 16 tim yang lolos ke liga 2 dan bakal diganjar hadiah senilai Rp 25 juta per-tim.

Pertandingan liga 2 sendiri akan berlangsung secara online juga mulai tanggal 18 Agustus hingga 17 September. Dari babak ini akan disaring 6 tim terbaik untuk bisa promosi ke liga 1.

"Khusus untuk tahun 2023, tidak ada sistem degradasi. Artinya 10 tim terbawah akan tetap berada di liga 2 pada season berikutnya. 6 tim yang tadi lolos liga 2 akan bertemu dengan tim yang disebut sebagai tim wildcard," tutur Ricky.

Tim wildcard yang dimaksud adalah tim-tim yang sudah established, yang secara kesiapan infrastruktur sudah jauh lebih kuat dibandingkan tim-tim komunitas dan tim-tim liga terbuka. Ada empat tim yang berminat masuk wildcard, ada Borneo, Rans, Madura United, Persita Tangerang

Kata Ricky, tim wildcard ini langsung dimasukkan ke liga 1 untuk memberikan kesempatan kepada tim komunitas dan grass root untuk juga bisa mencapai ke liga 1.

Namun Ricky menekankan aturan Wildcard ini hanya berlakuk untu Liga Esport Nasional tahun 2023 saja.

"Untuk digarisbawahi, sistem wildcard ini hanya diadakan khusus pada liga esports nasional 2023. Artinya, tahun depan dan tahun-tahun berikutnya, semua tim yang bertanding di liga 1 itu harus berasal dari liga 3," tukas Ricky.

Bagi ke-16 tim yang masuk ke liga 1 akan bertanding secara offline di 5 kota dengan sistem series antara tanggal 29 September sampai 29 oktober 2023.

Secara keseluruhan jalur dan rangkaian in akan berlangsung sejak hari ini sampai tanggal 12 November 2023. Untuk total prize pool Liga Esports Nasional 2023 senilai Rp 3 miliar.

Editor


Komentar
Banner
Banner