Pemkab Barito Kuala

Lewat Babak Playoff, F2R Tapin Juarai Lomba Balogo Kalsel 2023 di Batola

Melalui perjuangan yang panjang, F2R Tapin menjuarai Lomba Balogo Barito Kuala (Batola) 2023 di GOR Setara Marabahan, Minggu (28/1).

Featured-Image
Salah seorang Lomba Balogo Batola membidik sasaran di partai final, Minggu (30/1). Foto: KORMI Batola

bakabar.com, MARABAHAN – Melalui perjuangan yang panjang, F2R Tapin menjuarai Lomba Balogo Barito Kuala (Batola) 2023 di GOR Setara Marabahan, Minggu (29/1).

F2R bukan satu-satunya tim dari Tapin yang meramaikan kejuaraan tersebut. Bersama 13 tim lain, mereka berjibaku bersama ratusan tim dari 13 kabupaten/kota di Kalimantan Selatan.

Dalam babak penyisihan, Sabtu (28/1), F2R yang digawangi M Rafi’i, Gusti M Faisal dan M Riduan ini melaju mulus ke semifinal bersama 86 tim lain.

Selanjutnya di semifinal, mereka juga tak teradang untuk berlaga di final bersama 34 tim untuk memperebutkan gelar juara hingga peringkat enam.

F2R berhasil meraih nilai tertinggi 28 poin. Namun mereka tak otomatis juara, karena Gasura dari Hulu Sungai Selatan juga mencatatkan 28 poin.

Di sisi lain, PP Binuang yang juga menembus enam besar dengan 27 poin, memiliki kesamaan nilai dengan Tarim dari Hulu Sungai Selatan.

Baca Juga: Jauh-jauh dari Kotabaru, Pemali Juarai Lomba Balogo Kalsel di Batola

Baca Juga: Sediakan Hadiah Puluhan Juta, Ratusan Pemain Logo Kalsel Bersaing di Batola

Lantas untuk menentukan pemenang, babak playoff pun dilangsungkan. Akhirnya F2R mampu menundukkan Gasura untuk menjadi pemenang.

Sedangkan PP Binuang mengalahkan Tarim dan menempati peringkat ketiga. Sementara peringkat kelima ditempati Kalanting dari HSS. Adapun juara bertahan Pemali Kotabaru harus puas di urutan keenam.

Atas prestasi yang ditorehkan, F2R berhak atas hadiah senilai Rp6,5 juta. Sementara Gasura membawa pulang Rp5,5 juta.

Selanjutnya hingga peringkat enam masing-masing memperoleh hadiah sebesar Rp4,5 juta, Rp4 juta, Rp3 juta, dan Rp2 juta.

Mewakili Penjabat Bupati Batola, Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Zulkipli Yadi Noor menyatakan akan mencoba memperluas cakupan lomba menjadi regional Kalimantan.

“Sedangkan untuk tingkat Kalsel akan diupayakan piala bergilir. Pun perlombaan akan dilaksanakan setiap tahun,” papar Zulkipli.

Baca Juga: Terancam Punah, Komunitas Balogo Sa Ijaan Berharap Sentuhan Pemerintah 

Baca Juga: Banjir Peminat, Seleksi Balogo di Batola Temukan 15 Pemain Terkuat

Editor


Komentar
Banner
Banner