Nasional

Letkol Laut (P) Hapsoro A Resmi Jabat Danlanal Kotabaru

Jabatan Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru yang lama Letkol Laut (P) Edy Setyawan resmi berganti. Ia digantikan Letkol Laut (P) Hapsoro A.

Featured-Image
Danlanal Kotabaru resmi berganti. Foto: Sintel Lanal Kotabaru for apahabar.com

bakabar.com, KOTABARU - Jabatan Komandan Lanal (Danlanal) Kotabaru yang lama Letkol Laut (P) Edy Setyawan resmi berganti. Ia digantikan Letkol Laut (P) Hapsoro A.

Prosesi pergantian tongkat komando Danlanal Kotabaru ini ditandai serah terima jabatan yang dipimpin langsung oleh Danlantamal XIII Tarakan, Laksma TNI Deni Herman, pada Selasa (1/8).

Serah terima jabatan sendiri sebagai upaya penyegaran dalam organisasi jabatan satuan Pangkalan TNI Angkatan Laut.

Mengisi amanatnya, Danlantamal XIII Tarakan menyampaikan letak geografis Lanal Balikpapan dan Lanal Kotabaru merupakan wilayah yang cukup strategis.

Kedua Lanal tersebut memiliki keunggulan kompetitif baik dalam segi geoekonomi, geopolitik maupun geostrategis, namun posisi tersebut dinilai sangat rentan akan ancaman keamanan maritim. 

Demi Herman mengatakan, berkenaan dengan adanya potensi kerawanan dan pelanggaran yang dapat menjadi ancaman sehingga dapat menggangu stabilitas perekonomian dan keamanan wilayah.

Selain itu, potensi kerawanan dan pelanggaran yang menonjol seperti laka laut, illegal fishing, abrasi, pencemaran perairan, pengangkutan tambang ilegal serta perkelahian antar nelayan maupun penduduk.

Oleh karena itu sambungnya lagi, komando pelaksana dukungan sekaligus representasi TNI AL di daerah, baik Lanal Balikpapan dan Lanal Kotabaru memiliki tugas dan tanggung jawab yang besar yaitu menjamin keamanan di Laut atau wilayah maritim.

"Intinya, suksesnya tugas dan tanggung jawab Lanal Kotabaru tidak terlepas dari keberhasilan, kerja keras dan kerja sama yang baik antar satuan kerja jajaran Lanal Kotabaru, serta terjalin hubungan yang baik pemerintah daerah," ujarnya.

"Menjadi hal yang tidak kalah pentingnya adalah dengan adanya dukungan dari Forkopimda dan stakeholder terkait di Bumi Sa Ijaan," pungkasnya.

Baca Juga: Polisi Ungkap Motif Pengeroyokan Berdarah di Kotabaru

Editor


Komentar
Banner
Banner