Pelantikan Panglima TNI

Laksamana Yudo Margono Resmi Jadi Panglima TNI, Jokowi Serahkan Tongkat Komando

Laksamana Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo dengan menyematkan tanda pangkat sebagai tanda jabatan baru.

Featured-Image
Laksamana Yudo Margono bersalaman dengan Presiden Joko Widodo dalam pelantikannya sebagai Panglima TNI. (Foto: YouTube Sekretariat Presiden)

bakabar.com, JAKARTA - Laksamana Yudo Margono resmi dilantik menjadi Panglima TNI oleh Presiden Joko Widodo dengan menyematkan tanda pangkat sebagai tanda jabatan baru. Dalam kesempatan itu, Jokowi juga menyerahkan tongkat komando Panglima TNI kepada Yudo.

Pelantikan diawali dengan pembacaan surat keputusan presiden tentang pengangkatan dan pemberhentian Panglima TNI Andika Perkasa yang memasuki masa pensiun. Dilanjutkan Jokowi memimpin pembacaan sumpah jabatan.

Baca Juga: Laksamana Yudo Pastikan Pemilu 2024 TNI Netral

"Demi Allah saya bersumpah bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Laksamana Yudo Margono seperti dilansir Detik.com, Senin (19/12).

Acara pelantikan tersebut kemudian dilanjutkan penandatanganan berita acara pengangkatan sumpah jabatan Laksamana Yudo Margono sebagai panglima TNI. Sedangkan Menko Polhukam Mahfud MD dan dan Menteri Pertahanan Prabowo Subianto menjadi saksi dalam pelantikan tersebut.

Baca Juga: Ancang-Ancang Yudo Pasca-Ditunjuk Jadi Panglima TNI

Selanjutnya, Jokowi menyematkan tanda pangkat dan jabatan beserta tongkat komando kepada Laksamana Yudo Margono. Keduanya, kemudian bersalaman dan berfoto bersama.

Acara pelantikan Panglima TNI digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Senin (19/12/2022). Hadir dalam pelantikan ini Presiden ke-5 RI Megawati Soekarnoputri hingga Ketua DPR Puan Maharani. Hadir juga mantan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, KSAD Jenderal Dudung Abdurachman, dan KSAU Marsekal Fadjar Prasetyo.

Editor


Komentar
Banner
Banner