LIFESTYLE

Kuasai 5 Digital Skill Ini agar Bisa 'Bertahan' di Dunia Kerja

Maraknya perusahaan yang bertransformasi ke ranah digital membuat digital skill menjadi salah satu kualifikasi yang paling dibutuhkan di dunia kerja

Featured-Image
Ilustrasi digital skill (Foto: Koding Akademi)

bakabar.com, JAKARTA - Digital skill adalah kemampuan memanfaatkan teknologi dalam mengakses dan mengelola informasi. Maraknya perusahaan yang bertransformasi ke ranah digital membuat kemampuan ini menjadi salah satu kualifikasi yang paling dibutuhkan.

Terbukti, sejumlah perusahaan mulai membuka banyak posisi pekerjaan yang belum pernah diketahui sebelumnya. Seperti data analyst and scientist, big data specialist, digital marketing specialist, serta digital transformation specialist.

Bagi Anda yang berminat menekuni salah satu profesi di atas, tentu mesti menguasai beberapa keahlian terlebih dahulu. Melansir berbagai sumber, berikut lima digital skill yang paling dibutuhkan di dunia kerja saat ini:

Data Analytics

Data analytics adalah kemampuan melakukan pemeriksaan dan pengolahan data dari berbagai sumber guna menghasilkan informasi sebagai dasar pengambilan keputusan. Pemanfaatannya bukan hanya pada sektor industri, tetapi juga digunakan dalam membantu pengembangan bisnis.

Internet of Things (IoT)

Konsep IoT memungkinkan untuk membangun sistem yang mengintegrasikan berbagai peralatan yang dapat dikendalikan dengan mudah. Kunci utama terealisasinya internet of things adalah ketersediaan jaringan internet yang stabil.

Search Engine Optimization (SEO)

SEO merupakan salah satu skill penting dalam digital marketing. Dalam sebuah perusahaan, seorang ahli SEO umumnya bertugas memastikan performa situs dari produk digital memiliki peringkat yang baik pada mesin pencari.

Dalam melakukan tugas tersebut, seorang SEO specialist perlu mempersiapkan strategi yang tepat. Mulai dari meneliti kompetitor, meneliti berbagai kata kunci yang bisa dioptimasi, menulis konten artikel, dan masih banyak lagi.

Web Development

Web development merupakan kemampuan membangun, memelihara, dan mengembangkan suatu website. Orang-orang yang memiliki kemampuan tersebut disebut web developer.

Banyak perusahaan mempekerjakan web developer untuk melakukan ekspansi bisnis ke ranah digital. Dengan bantuan web developer, perusahaan dapat membuat dan mengembangkan produk digital yang dimiliki.

Project Management

Project management merupakan kemampuan memimpin dan mengorganisir tim dalam mengelola suatu proyek agar dapat mencapai target sesuai durasi yang disediakan.

Kemampuan ini tidak hanya berupa skill teknis, tetapi juga perlu memahami prosedur penyelesaian suatu project dan mampu berpikir solutif untuk memecahkan setiap permasalahan yang dihadapi tim.

Itulah lima digital skill yang paling dibutuhkan di industri saat ini. Jika Anda ingin mengasah salah satu kemampuan tersebut, bisa dengan mengikuti forum diskusi atau training singkat dari para ahli.

Editor


Komentar
Banner
Banner