Tragedi Kanjuruhan

Komnas HAM Kritik Fun Football PSSI dan FIFA: Hormati Korban Kanjuruhan!

Komnas HAM mengkritik pedas agenda Fun Football yang diadakan PSSI dan FIFA, lantaran hal tersebut tidak pantas dilakukan usai tragedi kanjuruhan

Featured-Image
Komnas HAM mengkritik Fun Football PSSI yang tidak menghormati korban kanjuruhan (Foto: apahabar/ Farhan)

bakabar.com, JAKARTA – Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mengkritik Fun Football yang digelar oleh PSSI dan FIFA di Stadion Madya, Jakarta, malam lalu (18/10). Komnas HAM menyayangkan hal tersebut terjadi ketika Indonesia masih berkabung usai Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan 133 suporter itu.

“Saya kira kita masih berduka, atas meninggalnya 133 korban, suporter dan ratusan yang lain dirawat,” ujar Beka Ulung, Komisioner Komnas HAM kepada wartawan di kantor Komnas HAM, Jakarta, Rabu (19/10).

“Mari kita bersama-sama menghormati para korban, yang luka-luka maupun yang meninggal,” tambahnya.

Baca Juga: TGIPF Temukan Fakta Baru di Tragedi Kanjuruhan

Agenda Fun Football yang diadakan di Stadion Madya itu terjadi saat Presiden FIFA, Gianni Infantino berkunjung ke Indonesia terkait pertemuannya dengan Presiden Joko Widodo, sebagai tindak lanjut dari Tragedi Kanjuruhan.

Dalam acara Fun Football tersebut, Presiden FIFA, Gianni bermain setim dengan ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan berserta jajarannya di PSSI.

Dari unggahan yang dibagikan oleh akun Twitter resmi PSSI terlihat Ketum PSSI, Iwan Bule dan Presiden FIFA Nampak tersenyum dan begitu riang saat bermain bola.

Baca Juga: Tak Hanya Iwan Bule, Suporter Minta Seluruh Pengurus PSSI Direformasi

Sebelum bermain di Fun Football tersebut, diketahui terlebih dulu Presiden FIFA, Gianni Infantino berkunjung ke Kantor PSSI yang disambut langsung oleh Iwan Bule (sapaan akrab ketum PSSI).

Selain Komnas HAM, agenda Fun Football tersebut juga menuai kritik pedas dari sejumlah tokoh hingga pesohor tanah air.

Mereka mengkritik acara tersebut lantaran Fun Football yang dilakukan oleh PSSI dan FIFA dinilai tidak menunjukkan rasa empati bagi para korban dan keluarga korban  dari Tragedi Kanjuruhan.

Momen Fun Football tersebut dikomentari oleh mantan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti di akun Twitter pribadinya @susipudjiastuti.

Ia membalas akun Twitter PSSI yang membagikan momen Fun Football tersebut dengan menulis ”‘Empathy dimana ???” tulis Susi Pudjiastusi.

Selain itu, Putra Bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep juga mengkritik agenda Fun Football tersebut di akun Twitter Pribadinya.

“Alhamdulillah semuanya tersenyum. Kami pemilik tim juga hanya bisa tersenyum melihat kebahagian itu,” tulis Kaesang, di Twitter Pribadinya.

Selain itu, kritikan pedas juga dilontarkan oleh Komika, Abdul Aziz Batubara atau yang biasa di panggil Adjis Doa Ibu yang menulis sindirannya lewat akun Twitter pribadi miliknya.

“This is true, Pak Iwan Bule masih yang terbaik untuk PSSI,” tulis @adjisdoaibu.

Editor


Komentar
Banner
Banner