Hot Borneo

Kloter Pertama Jemaah Calon Haji Kaltim Diberangkatkan Melalui Balikpapan

apahabar.com, BALIKPAPAN – Kloter pertama jemaah calon haji Kaltim akhirnya diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara…

Featured-Image
Para jemaah haji asal Kaltim berangkat melalui Bandar Udara SAMS Sepinggan, Balikpapan. Foto-apahabar.com/Riyadi

bakabar.com, BALIKPAPAN – Kloter pertama jemaah calon haji Kaltim akhirnya diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman (SAMS) Sepinggan, Balikpapan, pada Rabu (22/6) sore.

Kepala Kanwil Kemenag Kaltim, Masrawan mengatakan total kloter pertama ini sebanyak 360 jemaah yang terdiri dari 186 orang asal Kota Samarinda, 112 orang Kabupaten Paser dan 58 orang dari Penajam Paser Utara, serta didampingi 4 petugas PPIH.

Masrawan mengatakan sebelumnya terdapat dua jemaah yang mengalami sakit, sehingga harus dirawat terlebih dahulu.

“Ya, ada dua jemaah yang sempat dirawat. Alhamdulillah setelah diperiksa, petugas menyatakan sehat semua dan siap diberangkatkan,” kata Masrawan ditemui di Bandara SAMS Sepinggan.

Penerbangan jemaah kloter pertama asal Kaltim ini menggunakan pesawat Garuda Indonesia dengan nomor penerbangan GA 4101.

Namun Masrawan mengatakan penerbangan tidak langsung ke Jeddah, Arab Saudi melainkan transit terlebih dahulu ke Bandar Udara Kualanamu Medan.

“Perjalanan ke Jeddah itu 16 jam. Transit dulu ke Medan terus lanjut ke Jeddah. Alhamdulillah sejauh ini semuanya lancar, jemaah juga sehat dan siap untuk ibadah,” ungkapnya.

Sementara itu General Manager Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Rika Danakusuma, mengatakan pemberangkatan jemaah kali ini disiapkan jalur khusus guna memudahkan dan mempercepat proses naiknya jemaah ke atas pesawat.

“Dari asrama sudah clearance, jadi jemaah tidak perlu di-scan lagi di sini. Kemudian jemaah melalui gate perimeter dan kita langsung posisikan busnya di apron. Ini biar jemaah beberapa menit saja langsung masuk di pesawat,” ungkap Rika.

Komentar
Banner
Banner