Hot Borneo

Klarifikasi Lapangan, Tim Penilai Lomba Desa Regional Wilayah III Sambangi Murung Karangan Tabalong

Tim Klarifikasi Nasional Lomba Desa Tingkat Regional Wilayah III Kalimantan dan Sulawesi  menyambangi Desa Murung Karangan, Muara Harus, Tabalong, Kalsel.

Featured-Image
Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani mendampingi Tim Klarifikasi Lapangan Lomba Desa Tingkat Regional Wilayah III di Desa Murung Karangan. Foto-apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Tim Klarifikasi Nasional Lomba Desa Tingkat Regional Wilayah III Kalimantan dan Sulawesi  menyambangi Desa Murung Karangan, Muara Harus, Tabalong, Kalsel, Selasa (18/7/2023).

Tim tersebut untuk mengklarifikasi dokumen administrasi yang sudah disampaikan Desa Murung Karangan.

Kedatangan tim yang dipimpin Suhadi dari Ditjen Bina Pemerintahan Desa ini disambut Bupati Tabalong H Anang Syakhfiani didampingi Kepala Dinas PMD Tabalong, H Erwan, Camat Muara Harus dan Kepala Desa Murung Karangan serta undangan lainnya.

Suhadi mengatakan, kedatangan pihaknya ini sebagai satu rangkaian kegiatan klarifikasi lapangan dalam rangka penilaian lomba desa dan kelurahan tingkat regional wilayah tiga.

"Nanti kami lakukan klarifikasi kesesuaian data administrasi yang sudah kami lakukan penilaian dari 9 provinsi kemarin yang masuk tingkat nasional dan yang lulus ada 5 desa," katanya.

"Desa Murung Karangan sendiri berhasil lulus menjadi 5 terbaik regional tiga, kalau saingannya ada sekitar 15 ribuan desa untuk wilayah Kalimantan dan Sulawesi," imbuhnya.

Suhadi bilang klarifikasi lapangan ke Desa Murung Karangan ini merupakan yang kedua setelah Desa Labanan di Kabupaten Berau, Kaltim.

"Nanti kami akan melakukan klarifikasi lagi di tiga desa lainnya, di mana kami harus menyelesaikannya di bulan Juli ini," ucapnya.

Menurut Suhadi, setelah semuanya dilakukan klarifikasi lapangan, pada bulan Agustus pihaknya akan melakukan pleno untuk menentukan tiga besar.

"Proses klarifikasi ini terhadap kesesuaian data menjadi bahan presentasi kita di hadapan para penelis dari beberapa kementerian," terangnya.

Suhadi mengungkapkan, dalam penilaian lomba desa dan kelurahan ini pihaknya menekankan penilaian perkembangan desa dan kelurahan terkait inovasi yang dilakukan pemerintahan desa.

Kemudian, terkait tata kelola pemerintahan desa, pemanfaatan sumber daya yang dimiliki, pelayanan publik serta dukungan dalam pemulihan ekonomi dan penanganan dinamika sosial menjelang tahun politik 2024.

"Untuk mendalami data administrasi yang sudah disampaikan, kita membagi dalam tiga bidang instrumennya," pungkas Suhadi.

Sebelumnya Desa Murung Karangan menjadi juara 1 lomba desa tingkat Provinsi Kalsel. Sehingga berhak mewakili Kalsel pada lomba desa tingkat regional tiga meliputi Kalimantan dan Sulawesi.

Editor


Komentar
Banner
Banner