Gempa Turki

Kirim Bantuan ke Turki, Menhan Prabowo dan Menko PMK Lepas Keberangkatan 63 Personel

Pemerintah melepas keberangkatan 63 personel tim bantuan kemanusiaan menuju Turki.

Featured-Image
Menhan Prabowo dan Menko PMK Muhadjir Effendy Lepas Bantuan Tahap Pertama ke Turki di Lapangan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (11/2). apahabar.com/Andrey

bakabar.com, JAKARTA - Pemerintah melepas keberangkatan tim bantuan kemanusiaan ke Turki. Keberangkatan tim disaksikan langsung oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy didampingi Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono.

"Menindaklanjuti perintah dari Bapak Presiden, pada hari ini akan kita berangkatkan bantuan ke Turki tahap pertama yang akan disusul pada tahap-tahap berikutnya," Ujar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy.

Sebanyak 63 personel dengan rincian 47 tim Basarnas dan 5 personel dari BNPB berangkat menggunakan pesawat angkut Boeing 737 dan C-130 Hercules milik TNI AU. Selain itu turut dikirimkan bantuan logistik awal seberat 5 ton dari Kementerian Pertahanan.

Muhadjir mengatakan akan mengirimkan bantuan lainnya pada tahap berikutnya. "Ini yang berangkat tahap awal personel basarnas, tim pendahuluan akan bertugas untuk pencarian dan nanti diikuti oleh tim dokter yang khusus untuk bertanggung jawab di dalam penanganan medis," ujar Muhadjir di Pangkalan Udara Halim Perdana Kusuma, Jakarta, Sabtu (11/2).

Baca Juga: Kasau Lepas Pemberangkatan Dua Pesawat Pengiriman Bantuan ke Turki

Baca Juga: Polri Turunkan 20 Personel Bantu Kemanusiaan Gempa Turki

Untuk bantuan tahap berikutnya, Muhadjir memastikan akan mengirimkan lebih banyak dokter ortopedi ."Setelah itu, kita kirim dokter ortopedi, pasti banyak korban yang patah tulang ,"ujarnya.

Selain itu, pemerintah akan mengirim tim dokter lengkap yang menangani pada kasus lebih lanjut. Tim dokter tersebut bertanggung jawab untuk mengobati korban dari penyakit-penyakit yang biasa dialami oleh korban bencana alam. 

Menteri Pertahanan Prabowo di kesempatan yang sama mengatakan pihaknya juga akan memberikan bantuan pada tahap selanjutnya.

"Untuk saat ini dari kami, ada makanan, ada sepatu, ada baju hujan, selimut, akan terus kita kirim akan juga menyusul," terangnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner