Tak Berkategori

Ketika Wagub Hadi Mengenang Sosok Ustaz Arifin Ilham

apahabar.com, SAMARINDA – Kepergian Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggalkan duka tersendiri bagi Wakil Gubernur Kaltim Hadi…

Featured-Image
Unggahan Alvin Faiz terkait kabar meninggalnya Ustaz Arifin Ilham. Foto-Instagram

bakabar.com, SAMARINDA – Kepergian Ustaz Muhammad Arifin Ilham meninggalkan duka tersendiri bagi Wakil Gubernur Kaltim Hadi Mulyadi.

Hadi mengaku cukup dekat dengan mendiang Arifin Ilham, bahkan sudah lama kenal dengan Pengasuh Ponpes Az-Zikra tersebut.

Baca Juga: Berikut 7 Wasiat Almarhum Ustaz Arifin Ilham Pada Anak dan Jamaahnya

“Secara pribadi dan institusi Pemprov Kaltim turut berduka cita. Terakhir saya ketemu dua tahun lalu. Saya kenal dekat dengan beliau. Sesama Ustaz tentu merasa kehilangan,” ucap Hadi dikutip bakabar.com dari laman resmi Pemprov Kaltim, Jumat (24/5).

Kenangan yang baik, kata dia, adalah ketika sama-sama sebagai Dai dan suka makan. Dua tahun lalu Hadi mengaku bersama ulama muda asli Kalimantan itu makan di salah satu warung makan ternama di Samarinda.

“Ustaz Arifin kesukaannya makan ikan papuyu dan soto banjar. Sama dengan saya. Yang jelas, beliau rajin kirim pesan SMS. Saya mengetahui kondisi beliau melalui ajudannya,” jelasnya. “Selamat jalan Ustaz, semoga lahir Ustaz Arifin Ilham yang lain di negara ini.”

Wafatnya Ustaz Arifin Ilham tak hanya membawa duka mendalam bagi keluarga, namun juga bagi umat muslim Indonesia khususnya di Kalimantan Selatan.

Sebagaimana diketahui, ustaz berusia 49 tahun itu mengembuskan napas terakhir usai berjuang melawan penyakit Kanker Nasofaring dan Kelenjar Getah Bening stadium 4a, Rabu (22/5) malam waktu Penang, Malaysia.

Lahir dan besar di Kota Seribu Sungai, anak kedua dari lima bersaudara pasangan Ilham Mardjuki dan Nurhayati ini diketahui memiliki garis keturunan dengan Syekh Muhammad Arsyad al-Banjari dan Guru Sekumpul.

Ayahnya Ilham Mardjuki merupakan keturunan dari ulama besar Kalimantan itu. Pendiri Majelis Az-Zikra ini diketahui kerap bersilaturahmi ke Sekumpul, hingga menjadi ulama kondang.

"Arifin anaknya Ilham, keponakanku. Seorang pengusaha, tapi dia orang berilmu. Ke sana kemari ikut berzikir di musala dan masjid," ucap (Almarhum) Guru Sekumpul dikutip dari instagram @kh_m_arifin_ilham.

Usai dikabarkan wafat, ratusan akun langsung membanjiri kolom komentar. Sebagian baru mengetahui asal-usul Ustaz Arifin Ilham dan sebagian lagi mengucapkan belasungkawa.

"Hanyar tahu bahwa sidin kemanakan guru sekumpul. Alfatihah. (Baru tahu bahwa beliau keponakan guru sekumpul, Alfatihah)," tulis akun @rezkyadan.

Semasa hidupnya, ulama asli Banua ini memang sangat mengagumi sosok Guru Sekumpul. Dalam sebuah video yang diunggah akun youtube Fawwaz Fauzan, Ustaz Arifin Ilham terlihat berbincang bersama mantan wakil gubernur Kalsel, Rosehan dan menyampaikan kecintaannya kepada Guru Sekumpul.

"Hikmah haulan sebagai bukti cinta kita kepada abah guru, tidak hanya di dunia tapi sampai di akhirat. Guru membawa kita ke dalam ridho rahmat Allah SWT," begitu kata Ustaz yang diketahui selalu meneteskan air mata saat melantunkan zikir itu.

Umum diketahui, sejak lahir atau pada 8 Juni 1969, Ustaz Arifin Ilham tinggal di Banjarmasin hingga SMP. Selanjutnya anak kedua dari lima bersaudara pasangan Ilham Mardjuki dan Nurhayati ini memilih hijrah ke Jakarta.

Lantaran jenazah dikubur di Pondok Pesantren Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Kamis (23/5) malam, rumah orang tua Pendiri Majelis Az-Zikra ini terpantau sepi.

Berjalan kaki dari Masjid Sabilal, hanya butuh 10 menit untuk menjangkau rumah bercat dominan hijau dengan pelang bertuliskan PAUD Semai Benih Bangsa Az-Zikra itu.

Baca Juga: Paman Birin: Ustaz Arifin Ilham Putra Terbaik Banua

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner