kesehatan mental

Kesepian Bisa Berdampak Panjang, Lakukan 6 Langkah Atasi Rasa Sepi

Rasa kesepian kerap melanda sebagian besar manusia. Meski wajar, namun dapat diantisipasi dengan berbagai kegiatan positif untuk jaga mental tetap sehat.

Featured-Image
Mengatasi Rasa Kesepian dengan Kegiatan Positif. Foto: Shutterstock

bakabar.com, JAKARTA - Rasa kesepian kerap melanda sebagian besar manusia. Meski wajar, namun dapat diantisipasi dengan berbagai kegiatan positif, guna ciptakan kesehatan mental.

Hampir setiap orang pernah mengalami kesepian dari waktu ke waktu. Perasaan ini melekat pada saat liburan, hari valentine, ulang tahun dan saat stres yang melanda.

Mengutip databoks, Jumat (19/1), sebuah survei dilakukan pada Oktober 2023 dengan melibatkan 1,299 responder di Jabodetabek menemukan 44% responder mengalami kesepian tingkat sedang.

"Semua manusia terkadang berjuang melawan kesepian, baik menyadarinya atau tidak. Trauma, kehilangan dan stres dapat memperburuk hal tersebut," kata Leela R. Magavi, psikiater dan direktur medis regional untuk Psikiatri Komunitas di New Port Beach, California, melansir Psych Central.

Lebih lanjut, ia juga mengungkapkan bahwa seseorang bisa saja merasa kesepian bahkan ketika dikelilingi oleh orang lain saat mereka tidak bisa menjadi dirinya sendiri.

Tapi tak semua orang bisa menyampaikan rasa sepi yang mereka alami, dan tidak tahu apa yang harus dilakukan untuk mengatasinya.

Kesepian tidak berlangsung selamanya. Tapi ada beberapa proses atau cara untuk keluar dari zona hening tersebut. Berikut beberapa cara mengatasi kesepian.

1.Bergabung dengan Komunitas

kegiatan komunitas kami sobat healing - apahabar
kegiatan komunitas kami sobat healing. Foto: instagram/kamisobathealing

Saat ini, di media sosial telah banyak komunitas untuk menghabiskan waktu bersama di akhir pekan, dengan beragam aktivitas menarik guna mengurangi rasa kesepian yang Anda alami.

Tidak ada salahnya untuk bergabung pada komunitas tersebut, selagi memberikan dampak positif bagi diri sendiri dan orang lain.

2.Berlatih Perawatan Diri

Ilustrasi Self Care
Ilustrasi Self care atau perawatan diri. Foto: TotalWellness

Untuk melawan perasaan kesepian, Magavi menyarankan untuk melakukan aktivitas yang berfous pada diri sendiri. Seperti meditasi, berjalan kaki, hingga memperkuat ikatan dengan diri sendiri.

Pada waktunya, Anda dapat belajar menerima dan menghadapi masa kesendirian Anda, dan menggunakannya sebagai refleksi dengan kegiatan lain.

3.Memelihara Hewan 

Kebersihan seprai pada pemilik hewan peliharaan harus lebih diperhatikan - apahabar
Memelihara Hewan sebagai Cara Mengurangi Rasa Kesepian. Foto: Freepik

Merawat seekor kucing, anjing atau reptil dapat dilakukan untuk mencegah kesepian. Dari survei Human-Animal Bond Research Institute, 80% pemilik hewan merasakan berkurangnya rasa kesepian tersebut saat merawat peliharaannya.

Tak hanya sebagai hewan peliharaan, mereka dapat menjadi sahabat Anda disaat waktu sendiri, dengan mengungkapkan perasaan Anda pada mereka.

Namun, sebelum memelihara hewan, pastikan segala kebutuhan peliharaan Anda tercukupi. Jika dirasa belum mampu, Anda dapat mengunjungi tempat hewan-hewan tersebut berada.

4.Menghubungi Teman Lama

Ilustrasi Menghubungi Teman Lama. Foto: Getty Images
Ilustrasi Menghubungi Teman Lama. Foto: Getty Images

Tidak ada salahnya untuk menghubungi sahabat atau teman lama untuk mengobrol, dan mengajak bertemu di kemudian hari untuk meringankan perasaan kesepian.

"Persahabatan bagaikan cermin yang membantu mereka untuk kuat kembali dengan menunjukkan dan mengatasi kelemahan bersama," ucap Magavi.

Dengan terhubung kembali dengan orang-orang yang pernah hadir di saat Anda bahagia dan produktif dapat membantu mengingat dan menghubungkan kembali kenangan di masa lalu.

5.Mencari Teman Baru untuk Mengobrol

Ilustrasi Mencari Teman Online. Foto: Freepik
Ilustrasi Mencari Teman Online. Foto: Freepik

Jika teman lama sedang sibuk, Anda dapat mencari teman baru melalui media sosial atau melalui komunitas yang pernah Anda ikuti. Dengan mencari teman dengan kegemaran yang sama dengan Anda.

Namun, dalam mencari teman Anda harus berhati-hati dan jangan memberikan informasi pribadi Anda terlalu jauh.

6.Membuat Jurnal atau Diary tentang Perasaan

Menulis Jurnal Perasaan dapat Membantu Mengurangi Rasa Kesepian. Foto: Hope 4 Hurting Kids
Menulis Jurnal Perasaan dapat Membantu Mengurangi Rasa Kesepian. Foto: Hope 4 Hurting Kids

Menceritakan kenangan yang tertuang dalam sebuah jurnal atau diary dapat menghadirkan kegembiraan dalam hidup Anda.

"Anda dapat menulis ucapan terima kasih dan menguraikan semua hal yang disukai tentang diri sendiri," sarannya.

Menuangkan pikiran dan perasaan di atas kertas dapat membantu memproses perasaaan dari sudut pandang berbeda, serta menjadi proses pelepasan emosi atau keluh kesah yang tersimpan di dalam batin.

Tidak ada salahnya untuk melakukan kegiatan positif saat merasa kesepian, jika Anda membutuhkan bantuan dapat menghubungi seorang ahli atau psikologi untuk mendapatkan pendampingan.

Editor


Komentar
Banner
Banner