OTOMOTIF

Kesan Pertama Menunggangi Vespa Listrik Hampir Rp200 Juta, Elettrica

PT Piaggio Indonesia resmi memperkenalkan lini Vespa listrik di Indonesia, dengan nama Vespa Elettrica

Featured-Image
Vespa Elettrica (Foto: apahabar.com/Regent)

bakabar.com, JAKARTA - PT Piaggio Indonesia resmi memperkenalkan lini Vespa listrik di Indonesia, dengan nama Vespa Elettrica.  

Motor listrik asal Italia ini dibanderol dengan harga yang cukup fantastis (hampir Rp200 juta), yaitu Rp198 juta (OTR DKI Jakarta). Di samping itu, motor listrik ini memiliki keunggulan utama, seperti tiga mode berkendara, yaitu Eco, Power, dan Reverse.

Pada mode Eco, Vespa Elettrica dapat menempuh hingga 100 km dengan kecepatan hingga 40 km/jam. Sedangkan pada mode POWER, motor listrik ini dapat menempuh jarak maksimal 70 km, dengan kecepatan hingga 67 - 70 km/jam.

Selain itu, ada mode reverse yang dapat memudahkan penggunanya untuk mundur atau kondisi parkir.

Saat melakukan test ride, tim bakabar.com mendapat kesempatan untuk menggunakan mode 'Power' demi merasakan performa maksimalnya.

Hasilnya, tidak terlalu terasa jambakan akselerasi yang mengejutkan khas motor listrik lainnya, sehingga tidak terlalu membuat takut bagi pengendaranya akan risiko kekuatan yang terlalu besar.

Di saat berkendara dengan berboncengan pun, mode Eco dapat digunakan dengan baik dan menempuh kecepatan hingga lebih dari 20km/jam.

Mode reverse pun berfungsi dengan baik, dengan adanya bantuan suara 'beep' saat ingin mundur, yang memudahkan orang yang berada di belakang motor dapat lebih berhati-hati.

Vespa listrik Elettrica (Foto: bakabar.com/Regent)
Vespa listrik Elettrica (Foto: bakabar.com/Regent)

Vespa Elettrica telah terkoneksi dengan sistem VESPA MIA yang memungkinkan penggunanya untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. 

Tersedia pula panel digital berukuran 4,3 inci yang memuat berbagai informasi, seperti kecepatan, mode berkendara yang sedang berjalan, jarak tempuh yang tersisa, hingga tingkat pengisian baterai.

Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan tenaga sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sebesar 200 Nm.

Bobot dari Vespa Elettrica adalah 130 kg (dengan baterai). Baterai seberat 25 kg dapat memenuhi sertifikasi IP65, yang membuatnya tahan terhadap debu dan air bertekanan rendah.

Baterai ini diberikan garansi oleh PT Piaggio Indonesia selama 3 tahun. Mereka pun mengklaim kualitas baterai ini sangat baik, sehingga dapat diisi hingga 1000 siklus pengisian penuh, dan tetap mempertahankan kapasitasnya hingga 80% dan tetap dapat digunakan dengan baik.

Waktu standar yang dibutuhkan untuk sekali pengisian penuh motor listrik ini ialah 4 hingga 8 jam, dengan tegangan sebesar 220 V.

Editor


Komentar
Banner
Banner