Relax

Keren! Sasirangan Mejeng di Negeri Paman Sam

apahabar.com, BANJARBARU – Kain sasirangan kembali menembus kancah internasional. Kali ini, kerajinan khas Kalimantan Selatan itu…

Featured-Image
Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel, Supriadi menjadi aktor yang memamerkan sasirangan saat pertemuan dengan kedutaan dan konsulat di Negeri Paman Sam.

bakabar.com, BANJARBARU – Kain sasirangan kembali menembus kancah internasional. Kali ini, kerajinan khas Kalimantan Selatan itu terpampang jelas di Amerika Serikat.

Ketua Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kalsel, Supriadi menjadi aktor yang memamerkan sasirangan saat pertemuan dengan kedutaan dan konsulat di Negeri Paman Sam.

"Kebetulan kami ada kegiatan bisnis di Chicago, Colorado, dan Los Angeles," kata Supriadi, Sabtu (16/4).

Selaku Ketua Apindo yang membina lebih dari 2.300 UMKM di Kalsel, kata dia, sudah menjadi kewajiban untuk selalu memperkenalkan produk Banua. Terlebih kain sasirangan yang merupakan produk unggulan.

Menurutnya, barangkali sebagian orang Amerika hanya mengenal batik dari Jawa yang lebih dulu diperkenalkan.

"Nah, pada kesempatan kali ini kami memperkenalkan bahwa ciri khas Indonesia bukan cuman batik ciri khas Indonesia, tetapi ada sasirangan yang merupakan kerajinan khas dari Kalsel," ujarnya.

Dari pertemuan itu, mereka menjanjikan fasilitas promosi kain sasirangan untuk bisa masuk pangsa pasar Amerika.

Salah satunya, dengan ikut serta dalam pameran produk dari Indonesia. Bahkan pelaku UMKM lain yang produknya sudah siap ekpor.

Mereka siap menyediakan ruang pamer pada salah satu ruangan kedutaan, dengan harapan warga diaspora Indonesia juga mengenal dan bisa mempromosikan kain sasirangan di Amerika.

Supriadi juga berkata promosi kain sasirangan bukan hanya sekali ini saja. Pihaknya terus mengenalkan kerajinan khas Kalsel pada setiap even bisnis di Amerika, yang bekerjasama dengan salah satu UMKM binaan Apindo, Sasirangan Bahalap.

Outlet itu merupakan pengrajin sasirangan yang sangat terkenal di Banjarmasin, pelanggannya banyak dari kalangan pejabat dan pengusaha.

"Kita berharap salah satu produk UMKM Kalsel ini bisa memasuki pasar ekspor," harap Supriadi.

Sebagai informasi, 25 April nanti Apindo juga akan mengadakan workshop, tentang langkah dan strategi pelaku UMKM untuk bisa menembus pasar ekspor dunia, salah satunya adalah Amerika.

Kegiatan tersebut sebagai bentuk kepedulian pada UMKM binaan Apindo untuk bisa bangkit kembali di tengah pandemi. Melalui workshop, besar harapan perekonomian di Kalsel dapat kembali didongkrak.



Komentar
Banner
Banner