Kalsel

Keren, Anak Jalanan di Banjarmasin Buahkan Lagu Berjudul ‘Hijrah’

apahabar.com, BANJARMASIN – Band yang diinisiasi oleh anak jalanan di Yayasan Al-Ajyb Banjarmasin menelurkan sebuah lagu…

Featured-Image
Band yang diinisiasi oleh anak jalanan di Yayasan Al-Ajyb Banjarmasin menelurkan sebuah lagu berjudul ‘Hijrah’. Foto-Istimewa

bakabar.com, BANJARMASIN – Band yang diinisiasi oleh anak jalanan di Yayasan Al-Ajyb Banjarmasin menelurkan sebuah lagu berjudul 'Hijrah'.

Lagu ini didedikasikan untuk semua anak jalanan yang ada di Indonesia, khususnya Kalimantan Selatan (Kalsel).

“Makna yang terkandung dalam lirik adalah curahan hati atau pengalaman kawan-kawan di jalanan untuk berubah menjadi manusia yang lebih baik,” kata gitaris Al-Ajyb Band, Bahtiar.

Bahtiar bercerita, anak-anak jalanan ini kerap dianggap sampah oleh masyarakat. Sehingga ketika sudah berubah saja, masyarakat masih kerap mempunyai pikiran buruk kepada mereka.

“Dalam lagu ini bercerita tentang anak jalanan yang berubah dan mempasrahkan dirinya kepada Allah SWT. Sebab tak mudah saat ada anak jalanan yang ingin berubah, tantangannya adalah melawan stigma negatif di masyarakat,” paparnya.

Lagu ini sendiri sudah disusun sejak bulan Ramadan 3 tahun silam. Ditulis oleh keempat personil Al-Ajyb Band, antaranya Suryani (vokal), Imis (Bassist), Bahtiar (Gitar Rythim) dan Aris (Gitar Lead).

“Prosesnya cukup panjang. Ditulis 3 tahun lalu. Kemudian kita coba rekaman sejak pertengahan tahun 2020 dan Alhamdulillah kita launching di tepat bulan Ramadan tahun ini,” katanya.

Sementara itu, Ketua Yayasan Al-Ajyb, Muhammad Algi Rifani bilang, lagu ini merupakan salah satu hasil karya anak jalanan di sana.

Dana yang terkumpul dari terbitnya lagu itu sendiri nantinya akan dipergunakan buat membangun sarana-prasarana pembinaan anak jalanan.

Al-Ajyb dibantu Pemerintah Kota Banjarmasin memiliki wacana untuk membangun Pusat Pembinaan Anak Jalanan (PPAJ).

“Kita sadar bahwa pembangunan PPAJ yang rencananya dilaksanakan tahun 2022 tak bisa sepenuhnya bergantung dengan pemerintah, makanya kami turut bergerak sendiri, yakni dengan cara berkarya,” katanya.

Lagu Hijrah dirilis bertepatan saat Yayasan Al-Ajyb menggelar kegiatan Harmoni Anak Jalanan, Rabu (28/4).

“Kami berharap lagu ini bisa seperti lagu Indonesia Raya, bisa menyatukan orang-orang dengan latarbelakang seperti kami,” katanya.



Komentar
Banner
Banner