Kenali Jenis Undertone Kulit

Kenali Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan Bermakeup

Mengenali jenis undertone kulit berguna untuk membantu kita menemukan warna yang tepat dan mencegah kesalahan bermakeup.

Featured-Image
Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan dalam Make up. Foto: Dok. Freepik

bakabar.com, JAKARTA - Mengenali jenis undertone kulit dapat membantu kita menemukan warna yang tepat dan mencegah kesalahan dalam bermakeup.

Perempuan pasti pernah merasakan istilah 'salah shade' ketika memilih sebuah make up, atau melihat seseorang memakai warna lipstik yang cantik namun ketika dipakai justru tidak cocok.

Karena tiap orang memiliki undertone yang berbeda, hal ini membuat penampilan lipstik atau kosmetik yang digunakan akan memberikan hasil yang berbeda tiap manusia.

Undertone adalah warna dasar pada kulit yang ditentukan oleh keturunan dan tidak dapat berubah. Pada umumnya memiliki beberapa kategorinya seperti Cool (dingin),Neutral (Netral) dan Warm (hangat).

Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan dalam Makeup - bakabar.com
Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan dalam Make up. Foto: Dok. Freepik

Baca Juga: Perbedaan Fungsi Serum dan Moisturizer untuk Perawatan Kecantikan

Pentingnya mengetahui jenis undertone kulit

Dilansir dari masterclass, hal ini sangatlah penting untuk menunjang penampilan diri seseorang dan mencegahnya terlihat tidak sempurna.

Menentukan warna (shade) dari bedak yang akan digunakan. Beberapa kosmetik di Indonesia sudah menuliskan tipe undertone dalam setiap shade yang mereka miliki, seperti Wardah Cosmetic yang menuliskan dengan inisial W untuk Warm, N untuk Neutral dan C untuk Cool.

Menampilkan penampilan yang lebih natural. Mengetahui tipe undertone dapat membantu kita mengetahui jenis make up yang akan kita gunakan, untuk menghindari hasil yang pucat atau terlalu berlebih.

Jenis-jenis Undertone

Kenali Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan dalam Makeup. Foto: Dok. healthline
Kenali Jenis Undertone Kulit untuk Mencegah Kesalahan dalam Makeup. Foto: Dok. healthline

Cool (dingin) undertone
Hasil dari jenis undertone ini cenderung lebih pink dan cerah, penggunaan warna yang disarankan adalah warna merah muda, dan warna cerah lainnya.

Pemilihan warna ini pink dan ungu muda untuk undertone ini akan memberikan efek cerah.

Warm (hangat) undertone

Jenis undertone ini cenderung dan disarankan untuk menggunakan warna coklat, warna soft, peach dan coral. Untuk menampilkan hasil yang lebih bagus untuk penampilan.

Pemilihan warna ini akan memberikan efek yang natural untuk jenis undertone hangat.

Neutral (netral) undertone

Pemilik undertone satu ini merupakan gabungan antara warm dan cool, jadi mereka dengan undertone Neutral akan lebih mudah untuk memilih warna. 

Cara melakukan tes undertone dengan mudah

Melihat jenis undertone melalui urat nadi, Salah satu cara paling mudah digunakan, yaitu dengan melihat urat nadi di bawah sinar terang (matahari atau lampu) dan melihat warna yang terlihat disana.

Kenali Jenis Undertone Kulit Kamu Untuk Mencegah Kesalahan dalam Makeup. Foto: Dok. Urbanasia
Kenali Jenis Undertone Kulit Kamu Untuk Mencegah Kesalahan dalam Makeup. Foto: Dok. Urbanasia

Jika warna yang terlihat cenderung berwarna biru dan ungu, maka masuk ke dalam kategori Cool (dingin).

Namun jika warna yang terlihat cenderung biru atau kehijauan, dapat dipastikan bahwa masuk ke dalam kategori Neutral (netral).

Dan terakhir, jika melihat warna yang samar hanya hijau dan pudar, dapat dikategorikan ke dalam undertone Warm (hangat).

Walaupun terlihat sulit, pemilihan undertone dapat memudahkanmu untuk tampil lebih baik. Tidak menutup kemungkinan juga jika warna favorit berbeda dengan warna undertone.

Editor
Komentar
Banner
Banner