Menebalkan Bulu Mata

Benarkah Castor Oil dapat Melebatkan Bulu Mata?

Castor oil atau minyak jarak kerap digunakan untuk menebalkan bulu mata. Ini fakta yang Anda harus tahu.

Featured-Image
Ilustrasi castor oil untuk bulu mata. Foto: CentralITAlliance/istock photo

bakabar.com, JAKARTA – Ingin menebalkan bulu mata dengan castor oil atau minyak jarak? Ini fakta yang Anda harus tahu.

Jika Anda menikmati menggunakan pengobatan alami untuk menyempurnakan berbagai hal, mungkin Anda familiar dengan penggunaan castor oil atau yang kita kenal sebagai minyak jarak untuk perawatan rambut.

Minyak jarak merupakan alternatif DIY (do it yourself) untuk merangsang pertumbuhan rambut, bukanlah sesuatu yang baru dan telah digunakan selama berabad-abad. Oleh karena itu, wajar jika muncul pertanyaan apakah minyak jarak juga bermanfaat untuk meningkatkan pertumbuhan bulu mata?

Tetapi, seperti kebanyakan pengobatan alami, keefektifan minyak jarak untuk tujuan ini masih menjadi perdebatan. Berikut faktanya.

Apakah minyak jarak benar-benar menumbuhkan bulu mata?

Manfaat castor oil untuk mata. Foto: PeopleImages/istock photo
Manfaat castor oil untuk mata. Foto: PeopleImages/istock photo

Melansir dari Glamour, Senin (23/10) castor oil atau minyak jarak tidak akan menumbuhkan bulu matamu. Namun tidak semuanya merupakan berita buruk.

“Minyak jarak melembabkan bulu mata Anda dan membuatnya tampak lebih tebal dan tampak lebih berkilau, Mungkin juga dapat membantu mencegah kerusakan bulu mata yang pada gilirannya dapat menyebabkan pertumbuhan bulu mata yang lebih sehat,” kata Ilyse Haberman, MD, adalah dokter mata bersertifikat di NYU Langone Health, dan asisten profesor oftalmologi di NYU Grossman School of Medicine.

“Tidak ada bukti yang secara meyakinkan menunjukkan bahwa minyak jarak menyebabkan bulu mata tumbuh,” imbuh Dr. Haberman.

“Tetapi minyak jarak dapat membantu bulu mata Anda terlihat lebih tebal, padat, atau penuh, tetapi tidak akan membantunya tumbuh,” kata Mona Gohara, MD, adalah dokter kulit bersertifikat di Hamden, CT. Gohara adalah profesor klinis di Yale School of Medicine dan presiden Women’s Dermatologic Society.

Berapa lama manfaat minyak jarak terlihat pada bulu mata?
Jika Anda mulai menyikat minyak jarak dengan spoolie setiap malam, dalam dua hingga tiga minggu, Anda akan melihat bulu mata yang lembut dan terhidrasi serta tidak mudah patah.

Apakah minyak jarak aman untuk bulu mata?
Ilustrasi castor oil untuk kecantikan. Foto: kazmulka/istock photo
Ilustrasi castor oil untuk kecantikan. Foto: kazmulka/istock photo


Secara umum ya, minyak jarak aman untuk bulu mata, menurut Dr. Haberman. Tapi ada satu hal, karena Anda mengaplikasikannya terlalu dekat dengan mata Anda, Anda tetap harus sangat berhati-hati.

“Selalu ada risiko iritasi,” catat Dr. Gohara.

Dia menyarankan untuk menguji minyak jarak terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit minyak jarak pada leher di bawah telinga, lalu menunggu sehari penuh sebelum menggunakannya di dekat kelopak mata untuk memastikan tidak ada reaksi.

Bagaimana cara mengoleskan minyak jarak ke bulu mata saya?
Ilustrasi mengaplikasikan castor oil untuk bulu mata. Foto: ValuaVitaly/istock photo
Ilustrasi mengaplikasikan castor oil untuk bulu mata. Foto: ValuaVitaly/istock photo

Ambil spoolie bersih atau kapas dan usap sedikit jumlah minyak di sepanjang garis bulu mata Anda (sekali lagi, berhati-hatilah agar tidak mengenai mata Anda). Lakukan sebelum tidur, lalu keluarkan pada pagi harinya dengan air hangat saat mencuci muka.
Editor


Komentar
Banner
Banner