Hot Borneo

Kemenkumham Kalsel Gandeng Politeknik Tanah Laut Sebagai Wadah Pendaftaran HKI

Launching Intellectual Property (IP) Clinic sekaligus kegiatan Pendampingan Pengajuan Permohonan Kekayaan Intelektual

Featured-Image
Launching Intellectual Property (IP) Clinic sekaligus kegiatan Pendampingan Pengajuan Permohonan Kekayaan Intelektual. Foto-Istimewa.

bakabar.com, PELAIHARI - Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Kalimantan Selatan menggandeng Politeknik Negeri Tanah Laut, sebagai mitra pendampingan dalam pendaftaran Hak kekayaan Intelektual (HKI) bagi pelaku usaha di Tala.

Kerjasama itu ditandai Launching Intellectual Property (IP) Clinic sekaligus kegiatan Pendampingan Pengajuan Permohonan Kekayaan Intelektual dan Sosialisasi Pendaftaran Kekayaan Intelektual di Lantai 3 Gedung Kuliah Terpadu Kampus Biru Politala, Selasa (21/3/2023).

Politeknik Negeri Tanah Laut menjadi satu-satunya Kampus di Kalsel yang melakukan kerjasama pendampingan pendaftaran HKI bagi pelaku usaha di Kabupaten Tanah Laut.

HKI didefinisikan sebagai hak untuk memperoleh perlindungan secara hukum atas kekayaan intelektual sesuai peraturan perundang-undangan di bidang HKI seperti UU Hak Cipta, Paten, Desain Industri, Rahasia Dagang, Varietas Tanaman, Sirkuit terpadu, dan Merek.

Acara tersebut dihadiri Kepala Pusat Pelatihan Pegawai ASN Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes) Dr Drs Mulyadin Malik MSi CIGS, Kepala Kanwil Kemenkum HAM Kalsel Faisol Ali SH MH, Asisten Bidang Administrasi Umum Setda Tala Safarin mewakili bupati, Ketua Dewan Pertimbangan Politala Dr H Sihabuddin Chalid M MPd.

Kemudian hadir pejabat teras lainnya di Tala seperti Kepala Disnakerind Tala Masuturi, camat dan kepala desa plus Kades Trawas (Jatim), jajaran perbankan serta pengurus BUMDes di Tala.

Termasuk kalangan pelaku usaha terutama industri kecil menengah (IKM) yang turut mempromosikan produk mereka di stand mini di lokasi acara.

Direktur Politala, Dr Hj Mufrida Zein SAg MPd mengatakan telah menyiapkan tempat khusus yakni IP Corner untuk memberikan pendampingan pelayanan pengurusan HKI dan pendaftaran perseroan perseorangan. Tempatnya di lantai dasar di Gedung Kuliah Terpadu setempat.

Petugas khusus juga telah disiapkan untuk memberikan pelayanan masyarakat Tala atau kalangan pelaku usaha yang memerlukan pendampingan HKI.

"Silakan datang ke IP Corner di kampus kami akan memberikan pendampingan semaksimal mungkin dan tidak usah jauh-jauh ke Kanwil Kemenkumham Kalsel," ucap Mufrida.

Sementara itu, Kakanwil Kemenkum HAM Kalsel Faisol Ali menyatakan apresiasinya kepada Politala yang telah berinisiatif mendirikan IP Corner tersebut.

"Tentu keberadaan IP Corner di Politala sangat membantu warga di daerah ini untuk mengurus HKI," tandasnya.

Ia mengimbau warga Tanah Laut yang memiliki karya atau produk untuk didaftarkan HKI-nya agar kekayaan intelektual yang diciptakan terlindungi secara hukum.

Selain mampu mendongkrak promosi, juga bermanfaat secara ekonomi karena ketika ada pihak lain yang mengadopsi secara komersial maka harus memberikan royalti.

Editor


Komentar
Banner
Banner