Tak Berkategori

Keluhan Terhadap Bola Beton di Trotoar Tabalong Memantik Anggota DPRD Bicara

apahabar.com, TANJUNG – Keberadaan bola beton di trotoar depan Plaza Umaiyah, Tabalong, yang dikeluhkan warga, memantik…

Featured-Image
Wakil Ketua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Al Kaff. Foto-apahabar.com/Istimewa

bakabar.com, TANJUNG – Keberadaan bola beton di trotoar depan Plaza Umaiyah, Tabalong, yang dikeluhkan warga, memantik anggota DPRD setempat ikut bicara, Jumat (20/8).

Wakil Ketua DPRD Tabalong, Habib Muhammad Taufani Al Kaff menilai keberadaan bola beton masih dianggap wajar.

Menurutnya, bola beton seperti yang ada di depan Plaza Umaiyah sudah banyak dihias dan diletakkan di tepi trotoar.

Seperti yang ada di kota-kota besar, di antaranya di Jalan Asia Afrika Kota Bandung, Jawa Barat.

Di Bandung trotoar juga banyak diletakkan kursi-kursi untuk masyarakat duduk santai.

“Intinya untuk keindahan kota dan tidak mengganggu para pejalan kaki,” jelas Habib Taufan kepada bakabar.com, Jumat (20/8).

Habib Taufan bilang, fungsi dari bola beton itu juga bisa sebagai pembatas jalan. Disamping itu juga berfungsi untuk melindungi pejalan kaki dari bahaya, semisal ada mobil yang mengalami kecelakaan lalu lintas lalu naik ke trotoar.

“Kalau ada mobil yang mengalami kecelakaan naik ke trotoar maka bisa terhalang oleh bola-bola beton itu. Sehingga pejalan kaki yang saat itu ada di sana bisa terhindar dari kecelakaan,” jelas politisi Partai Amanat Nasional (PAN) ini.

Menurut Taufan, pembatas jalan ini bentuknya berbagai macam. Kalau di Banjarmasin, sebut dia, ada berbentuk tiang-tiang.

“Yang jelas keberadaan bola-bola beton itu sepanjang tidak merampas hak para pejalan kaki menurut saya tidak masalah,” pungkas Habib Taufan.

Sebelumnya tak sedikit warga mengeluhkan bola beton di depan Plaza Umaiyah Tabalong. Lantaran tidak mengetahui persis fungsinya.

Keluhan itu ramai jadi perbincangan di media sosial grup Facebook di Tabalong yang menganggap sedikit menghalangi pengguna jalan kaki.

Menanggapi keluhan itu, Pemkab Tabalong, melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) telah menjelaskannya.

Yakni selain berfungsi menambah keindahan kota, juga sebagai antisipasi pedagang kaki lima menggelar jualannya di sana.

Disamping itu, Disperindag Tabalong telah melebarkan trotoar, agar bola beton itu tidak sepenuhnya merampas hak pengguna jalan.

Bola Beton di Trotoar Tabalong Dikeluhkan, Simak Respons Disperindag

Komentar
Banner
Banner