Banjarmasin Hits

Soal Calon Pj Bupati, Usul DPRD Tabalong Rontok di Pemprov Kalsel?

Pemprov Kalsel dan DPRD Tabalong telah mengusulkan tiga nama calon pengganti Bupati Anang Syakhfiani yang berakhir 31 Desember ini.

Featured-Image
DPRD Tabalong saat menggelar paripurna untuk mengusulkan 3 nama Pj Bupati. Foto - apahabar.com/Muhammad Al-Amin

bakabar.com, TANJUNG - Pemprov Kalsel dan DPRD Tabalong telah mengusulkan tiga nama calon pengganti Bupati Anang Syakhfiani yang berakhir 31 Desember ini.

Namun, usulan tiga nama calon Pj Bupati Tabalong disinyalir ada perbedaan antara DPRD setempat dan Pemprov Kalsel yang dikirim ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

Sebelumnya, 7 fraksi di DPRD Tabalong sepakat mengusulkan tiga nama yang berasal dari putra daerah, Bumi Sarabakawa. Kesepakatan itu merupakan hasil rapat yang digelar 14 November 2023.

Ketiga nama tersebut yakni Sekretaris Daerah Tabalong Hamida Munawarah, Kepala Badan Keuangan Daerah Kalimantan Selatan Subhan Nor Yaumil, dan Sekretaris DPRD Kalsel, Muhammad Jaini.

Sementara tiga nama diusulkan Pemprov Kalsel, yang santer beredar yakni Kepala Inspektorat Kalsel Akhmad Fydayeen, Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu Kalsel Endri AP MAP, dan Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kalsel, Suparmi.

Plt Kepala Biro Pemerintahan Setdaprov Kalsel, Fitri Hernadi mengakui telah mengirimkan surat usulan berisi tiga nama calon Pj Bupati Tabalong ke Kemendagri, baru-baru ini.

Namun, ketika ditanya, Fitri juga tak menampik nama-nama yang santer disebut tersebut masuk dalam surat usulan tersebut. "Mungkin ada kesamaan dengan yang beredar," kata Fitri.

Fitri lebih memilih merahasiakan tiga nama calon Pj Bupati Tabalong usulan Pemprov Kalsel itu, lantaran bukan kewenangannya. "Itu kewenangan gubernur," ucapnya.

Lantas, akan kah usulan DPRD Tabalong rontok di tangan Pemprov Kalsel? Ketua DPRD Tabalong, H Mustafa hanya berharap Pemprov Kalsel juga mengusulkan nama yang telah diusulkan hasil rapat 7 fraksi tersebut.

"Kami berharap salah satu nama yang telah diusulkan dewan Tabalong bisa menjadi Pj Bupati Tabalong, karena mereka adalah putra-putri daerah ini," ucap Mustafa, usai menghadiri puncak peringatan Harjad ke-58 Tabalong, Jumat (8/12).

Terpisah, salah seorang ahli waris pendiri Kabupaten Tabalong, Didi, mengaku kecewa, jika usulan yang dikirim ke Kemendagri justru bukan hasil rapat DPRD setempat.

"Kami berharap Pj Bupati Tabalong nanti adalah putra putri asli Tabalong, lebih khusus yang berdomisili di Tabalong," tegasnya.

"Harusnya yang didorong menjadi Pj Bupati adalah yang berdomisili di sini, jika di luar itu, kami bertanya-tanya arah pembangunan nantinya," imbuh Didi.

Jika menilik dari penunjukan Pj Bupati di sejumlah kabupaten di Kalsel, semuanya merupakan pejabat eselon II lingkup Pemprov Kalsel.

Di antaranya Pj Bupati Hulu Sungai Selatan (HSS), Hermansyah yang menjabat Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kalsel.

Selain itu, Pj Bupati Tanah Laut (Tala), Syamsir Rahman yang Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kalsel.

Kemudian Kepala Dinas Pariwisata Kalimantan Selatan Syarifuddin ditunjuk menjadi Pj Bupati Tapin.

Disamping itu Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah Kalsel, Mujiyat jadi Pj Bupati Barito Kuala.

Terakhir Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kalsel, Zakly Aswan dipercaya menjadi Pj Bupati Hulu Sungai Utara (HSU).

Baca Juga: Tiga Nama Diusulkan jadi Penjabat Bupati Tabalong

Editor


Komentar
Banner
Banner