Hot Borneo

Kelangkaan Stok Vaksin Meningitis di Kalsel Diawali Dari Distributor

apahabar.com, BANJARBARU – Kelangkaan vaksin meningitis di Kalimantan Selatan, diperkirakan akan berlangsung beberapa waktu. Faktanya stok…

Featured-Image
Peningkatan jemaah umrah memicu kelangkaan vaksin meningitis di berbagai wilayah Indonesia. Foto: Antara

bakabar.com, BANJARBARU – Kelangkaan vaksin meningitis di Kalimantan Selatan, diperkirakan akan berlangsung beberapa waktu. Faktanya stok di tingkat distributor pun masih kosong.

Permintaan vaksin meningitis sendiri meningkat dalam beberapa bulan terakhir, seiring peningkatan keberangkatan jemaah umrah ke Tanah Suci.

Bahkan di Dinas Kesehatan Kalsel, stok vaksin meningitis sudah kosong, karena semuanya telah didistribusikan ke Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Banjarmasin.

“Vaksin meningitis di Dinas Kesehatan Kalsel sudah habis. Biasanya setiap stok datang, langsung didistribusikan ke KKP,” papar Kepala Dinas Kesehatan Kalsel, dr Diauddin, Jumat (30/9).

Sebelumnya sekitar awal September 2022, Kalsel mendapatkan 1.000 dosis vaksin meningitis dari Kementerian Kesehatan.

Baca juga:Vaksin Meningitis Langka, Keberangkatan Jemaah Umrah Kalsel Terancam Tertunda

Kemudian atas instruksi Kemenkes pula, sisa vaksin meningitis jemaah haji di kabupaten dan kota, juga telah diserahkan kepada KKP.

“Jumlah sisa vaksin sisa jemaah haji tidak banyak, hanya sekitar 100 dosis. Tentu saja tambahan ini kurang memadai, seiring peningkatan keberangkatan umrah,” papar Diauddin.

“Bahkan di level distributor, stok vaksin kosong dan masih dalam tahap produksi. Mereka menyatakan segera mengirimkan vaksin lagi, tetapi tak disampaikan jadwal pasti pengiriman,” tandasnya.



Komentar
Banner
Banner