News

Kecamatan Cempaga Libatkan PBS Lakukan Pencegahan dan Penanganan Karhutla

Peran Corporasi atau Perusahaan Besar Sawit (PBS) di sekitar wilayah kerjanya sangat penting dalam upaya meningkatkan pencegahan dan penanganan karhutla.

Featured-Image
Camat Cempaga, Adi Chandra bersama Forkopimcam Cempaga, saat mencek perlengkapan pemadam kebakaran, usai Apel Siaga Karhutla, yang digelar di halaman kantor PT TASK 3. Rabu (7/8/2024). Foto: Kecamatan Cempaga

bakabar.com, SAMPIT - Keberadaan Perusahaan Besar Sawit (PBS) dipandang  penting dalam upaya meningkatkan pencegahan dan penanganan kebakaran gutan dan lahan (karhutla).

Hal ini yang dilakukan Pemerintah Kecamata Cempaga, di Kabupaten Kotawaringin Timur (Kotim), Kalteng, yang menggandeng pihak PBS setempat, salah satunya PT TASK 3 dalam upaya pencegahan karhutla di wilayahnya.

"Kemarin Rabu (7/8) kita telah menggelar Apel Siaga Karhutla oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kecamatan (Forkopimcam) Cempaga bersama PT Tunas Agro Subur Kencana (TASK) 3," kata Camat Cempaga, Adi Chandra, Kamis (8/8/2024).

Keterlibatan PBS sangat penting dalam mencegah karhutla di wilayah Cempaga. Seperti kejadian karhutla di Desa Sungai yang belum lama ini berhasil ditangani bersama.

"Kita ingin kerja sama dengan pihak PBS ini terus berkelanjutan dan ditingkatkan, sehingga jika ada kejadian karhutla bisa dicegah dan ditanggulangi dengan cepat," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolsek Cempaga, Iptu Rochim mengatakan, pencegahan karhutla merupakan tanggung bersama baik itu Pemerintah, TNI, Polri, masyarakat serta pihak corporasi.

"Jika penanganan karhutla dilakukan sepihak saja, pastinya akan sulit diatasi," katanya.

Karhutla merupakan bencana yang bisa memberikan dampak merugikan semua pihak, bukan hanya mencemari lingkungan dengan munculnya kabut asap, tetapi juga berbahaya terhadap kesehatan mahluk hidup, terutama manusia.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, jika melihat ada oknum maupun siapapun yang sengaja melakukan pembakaran lahan, segera laporkan, kami dari kepolisian pasti akan menindak lanjutinya," tandasnya.

Editor


Komentar
Banner
Banner