Hot Borneo

Kebakaran Lahan di Gambut Banjar, Helikopter Water Bombing Diluncurkan

apahabar.com, MARTAPURA – Kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Gambut, Banjar, tepatnya Jalan Pematang dekat Kompleks Griya…

Featured-Image
Sebuah helikopter water bombing memadamkan kebarakan lahan di Kecamatan Gambut, Sabtu (17/9) siang. Foto: Satgas Karhutla

bakabar.com, MARTAPURA – Kebakaran lahan terjadi di Kecamatan Gambut, Banjar, tepatnya Jalan Pematang dekat Kompleks Griya Permata Indah, Sabtu (17/9) siang.

Luasan areal yang terbakar cukup besar, sehingga warga kompleks dan sekitarnya sempat panik. Terlebih asap dari kebakaran lahan yang ditimbulkan cukup pekat.

Tak lama berselang, terlihat mengudara sebuah helikopter water bombing milik Satgas Karhutla Kalsel. Sementara di darat, terlihat Damkar Banjar dan sejumlah unit pemadam swasta turut memadamkan api.

“Sekarang kondisi sudah kondusif, setelah ditangani Satgas Karhutla Kalsel menggunakan heli water bombing,” jelas Plt Kalak Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjar, Achmad Norsailah, kepada bakabar.com.

Sementara luas lahan yang terbakar belum diketahui, mengingat proses pemadaman masih berlangsung. Sementara penyebab kebakaran itu diduga pembakaran lahan yang tidak terkendali.

“Entah disengaja atau ketelodaran, kadang-kadang masih terdapat masyarakat yang membuka lahan. Kemudian sisa pembukaan lahan dibakar,” papar Norsailah.

Tercatat sudah empat kejadian kebakaran hutan dan lahan di Gambut, setidaknya dalam empat hari terakhir. Beruntung semuanya masih dapat dikontrol, mengingat cuaca juga masih kemarau basah.

“Terakhir kebakaran terjadi di Sungai Pinang dan Pengaron. Alhamdulillah semuanya langsung ditangani Satgas Karhutla Kalsel,” tandas Norsailah.



Komentar
Banner
Banner