Waspada TBC

Kasus TBC di Solo 2023 Meningkat, Lebih Tinggi Dibanding 2021-2022

Kasus TBC di Solo meningkat pada 2023. Jumlah ini lebih tinggi dibanding 2021-2022.

Featured-Image
Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinas Kesehatan Kota Solo, Tenny Setyoharini (kiri) dan Anna Budiarti Komisi IV DPRD Kota Surakarta (kanan) ditemui di Ibis Style Solo Hotel. Foto: apahabar.com/Fernando

bakabar.com, SOLO - Kasus Tuberkulosis (TBC) di Solo meningkat pada 2023. Jumlah ini meningkat dibanding 2 tahun sebelumnya.

Data Dinas Kesehatan (Dinkes) Solo, ada 2.393 kasus TBC hingga 4 Desember 2023. Jumlah ini meningkat dibanding tahun 2021 dengan total 1.225 kasus dan 2.112 kasus pada 2022. 

Karenanya, pemerintah mengimbau agar warga segera memeriksakan diri apabila mengalami sejumlah gejala TBC. Seperti batuk yang tak kunjung sembuh hingg lebih dari 3 minggu.

"Jika batuk harap memakai masker agar tidak menulari lainnya," kata Kabid Pencegahan dan Pengendalian penyakit Dinkes Solo, Tenny Setyoharini, Rabu (6/12).

Baca Juga: Waspada! Penyakit TBC Bisa Kambuh karena Hal Ini

Baca Juga: Penderita TBC Boleh Berpuasa, Asal…

Sementara itu, Komunitas Mentari Sehat Surakarta mengatakan bahwa kesadaran masyarakat terhadap TBC masih kurang. Terlebih, sebagian masih menyepelekan penyakit ini.

"Ada masyarakat yang enggan periksa karena ketakutan. Apalagi kalau ventilasi rumahnya buruk dan lingkungannya kumuh," papar pelaksana program Komunitas Mentari Sehat, Rishan Mohammad Mahfud.

Editor


Komentar
Banner
Banner