bencana Karhutla

Karhutla Kalsel Jadi Atensi Pusat, BNPB: Waspada Kekeringan!

Kalimantan Selatan masuk daftar merah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memasang status prioritas.

Featured-Image
Kalsel jadi prioritas penanganan bencana di musim kemarau. Foto-apahabar.com/Hasan

bakabar.com, BANJARBARU - Kalimantan Selatan masuk daftar merah kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memasang status prioritas.

Kepala BNPB, Letnan Jenderal TNI Suharyanto membeberkan hal itu dalam rakor penanggulangan bencana di Novotel Banjarbaru, Selasa (25/7) siang. Kalsel masuk dalam daftar enam provinsi prioritas.

Kata dia, tak cuma ancaman karhutla yang menjadi perhatian serius pemerintah pusat. Tapi juga fenomena el nino.

"El nino ini memberikan ancaman kekurangan air dan kekeringan sehingga petani terancam gagal panen," katanya.

Baca Juga: 4 Unit Helikopter Dikerahkan Atasi Karhutla di Kalsel

"Hal ini sudah berulang kali disampaikan presiden. Saat ini kita harus antisipasi bencana kekeringan panjang akibat fenomena," imbuhnya.

Karena itu, Suharyanto meminta Gubernur Kalsel Sahbirin Noor menjaga ketersediaan air di daerahnya. Demi menghadapi kemarau panjang.

Merespons permintaan itu, Sahbirin Noor mengeklaim selalu siap untuk antisipasi ancaman bencana. Termasuk saat musim kemarau.

"Kalsel ada ancaman banjir dan karhutla. Jadi kami sudah mengantisipasi, bersiap antisipasi karhutla saat musim hujan dan sebaliknya bersiap menghadapi banjir saat kemarau," akunya.

Editor


Komentar
Banner
Banner