Karhutla di Palangka Raya Terindikasi Sengaja Dibakar, Satu Orang Diamankan

Karhutla di Palangka Raya Terindikasi Sengaja Dibakar, Satu Orang Diamankan

Featured-Image
Petugas mencek lokasi Karhutla di Palangka Raya. Foto-Antara.

bakabar.com, BANJARMASIN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Palangka Raya menduga kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) yang terjadi selama terindikasi sengaja dibakar.

"Karhutla di beberapa tempat memang kuat indikasinya ada unsur kesengajaan oleh manusia, sehingga beberapa titik muncul kobaran api dimana-mana," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Palangka Raya Heri Fauzi dikutip dari Antara, Rabu (7/6).

Indikasi itu kata dia, seperti karhutla di Kecamatan Jekan Raya, tepatnya di Jalan Tjilik Riwut Km 13-14. Petugas BPBD Palangka Raya menemukan tumpukan rumput yang letaknya berdekatan lahan terbakar.

Kemudian tim di lapangan, sempat diamankan satu orang terduga pelaku pembakar lahan, kemudian diserahkan ke aparat yang berwajib.

"Dengan adanya hal tersebut maka pihaknya akan terus melakukan pemantauan di lapangan, apalagi cuaca saat ini sangat terik dan sering muncul titik panas di beberapa titik setiap harinya," kata Heri Fauzi.

Berdasarkan data yang dihimpun dari BPBD Kota Palangka Raya, sejak 1 Januari sampai 5 Juni 2023 pihaknya mencatat ada 29 kejadian karhutla dari lima kecamatan. Sementara lahan yang terbakar seluas 21 hektare.

BPBD Palangka Raya mengimbau kepada masyarakat untuk bekerja sama dalam menekan terjadinya karhutla, sehingga tidak sampai mengganggu seluruh aktivitas masyarakat seperti perekonomian, kesehatan, dan lain sebagainya.

Menurut Heri, meski Karhutla belum mengakibatkan Palangka Raya diselimuti asap tipis atau tebal, namun dikhawatirkan jika tidak ditanggulangi dengan cepat, maka bukan berarti potensi itu muncul.

Baca Juga: Terseret Kisruh Rumah Tangga Wakil Wali Kota Palangka Raya dan Suami, Nadalsyah Angkat Bicara

Editor


Komentar
Banner
Banner