Hot Borneo

Kalteng Expo 2022 Palangka Raya, Angkat Harkat dan Martabat Penyandang Disabilitas Melalui UMKM

apahabar.com, PALANGKA RAYA – Rumah Pintar Taman Askari Kapuas turut hadir dalam kegiatan Kalteng Expo 2022…

Featured-Image
Seorang ibu penyandang disabilitas saat memperagakan membuat vas bunga berbahan rotan. Foto-apahabar.com/Andre Faisal Rahman

bakabar.com, PALANGKA RAYA – Rumah Pintar Taman Askari Kapuas turut hadir dalam kegiatan Kalteng Expo 2022 yang diselenggarakan di Kota Palangka Raya untuk memamerkan produk unggulannya.

Melalui program UMKM Rumah Pintar Taman Askari Kapuas agar dapat mengangkat harkat dan martabat para penyandang disabilitas binaan mereka.

Like, selaku Koordinator Rumah Pintar Taman Askari Kapuas, mengungkapkan produk unggulan yang dipamerkan adalah semuanya berbahan dasar rotan, seperti vas bunga, tas, keranjang, dan kerajinan lainnya yang semuanya merupakan karya para penyandang disabilitas binaannya.

“Program kewirausahaan untuk para penyandang disabilitas yang ada di Rumah Pintar Askari Kapuas ini adalah program CRS dari PT Asmin Bara Bronang yang baru mulai dari tahun 2020 lalu,” ujar Like, Sabtu (16/7).

Like pun menjelaskan bahwa saat ini baru ada 12 orang penyandang disabilitas seperti tuna daksa, tuna rungu, hingga disabilitas Mental yang mendapatkan pembinaan dan pelatihan dalam membuat produk kerajinan.

“Untuk kerajinan yang diolah semuanya mengangkat budaya lokal, dan kebetulan mengikuti kegiatan expo ini baru pertama kalinya,” jelasnya.

Like berharap melalui Rumah Pintar Taman Askari Kapuas ini, para penyandang disabilitas bisa mandiri secara finansial dan meningkatkan kemampuannya melalui berbagai macam pelatihan dalam membuat produk unggulan.

“Kami juga berharap dukungan dari pemerintah dan masyarakat luas agar kedepannya para penyandang disabilitas ini mampu bersaing di dunia industri kreatif yang semakin maju seiring dengan perkembangan zaman,” tandasnya.

Komentar
Banner
Banner