Tak Berkategori

Kaltara Urutan ke-13 UN SMK 2019

apahabar.com, TANJUNGSELOR – Provinsi Kaltara berada di posisi ke-13 untuk hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK)…

Featured-Image
Ilustrasi UNBK. Foto-net

bakabar.com, TANJUNGSELOR – Provinsi Kaltara berada di posisi ke-13 untuk hasil Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) tahun 2019 se-Indonesia.

Adapun nilai rata-rata UNBK SMK 2019 di Kaltara, yakni 45,38. Sementara peringkat pertama, atau peringkat terbaik untuk hasil UN SMK diraih oleh Daerah Istimewa (DI) Yogyakarta dengan nilai rata-rata 55,33.

"Ini merupakan pencapaian yang cukup luar biasa. Dan, Kaltara baru tahun ini mendapatkan peringkat UNBK SMK. Hal ini langsung dipaparkan Kemendikbud di Palembang," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kaltara Sigit Muryono, dikutip bakabar.com dari laman resmi Humas Pemprov Kaltara.

Secara umum, pelaksanaan UN 2019 tingkat SMK di Kaltara disertai 28 sekolah penyelenggara baik negeri maupun swasta yang ada di seluruh kabupaten dan kota di Kaltara. Total pesertanya, 2.726 orang.

Dikatakan Sigit, nilai rata-rata per mata pelajaran pun cukup baik. Di mana, untuk mata pelajaran Bahasa Indonesia mencapai 64,51, Bahasa Inggris 41,34, Matematika 32,14, dan Teori Komputer 43,59.

"Kalau diambil rata-rata tiap kabuapten dan kota, maka total rata-rata UN SMK di Kaltara sebesar 181,58," urai Sigit.

Untuk keseluruhan pelaksanaan UN 2019 di jenjang pendidikan menengah, Kaltara menempati peringkat 30 dari 34 provinsi untuk kesiapan pelaksanaan UNBK.

"Hal ini dikarenakan penilaian persiapan UNBK SMA/SMK digabung dengan persiapan UNBK SMP, yang mana ada 34 SMP di Kaltara (Bulungan dan Nunukan) yang belum melaksanakan UNBK. Sehingga kita merekomendasikan untuk mengikuti UNBK di SMA/SMK di daerah masing-masing yang memiliki kompetensi dalam melaksanakan UBNK," jelas Sigit.

Untuk diketahui, jumlah sekolah yang mengikuti UN 2019 sebanyak 101 sekolah yang terdiri dari SMA, Madrasah Aliyah (MA), SMTK, dan SMK. Rinciannya, untuk SMA baik negeri dan swasta sebanyak 60 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 5.184 siswa.

MA ada 10 baik negeri dan swasta dengan jumlah siswa 524 siswa. SMTK ada 3 (tiga) dengan jumlah siswa 34, dan untuk SMK baik negeri dan swasta ada 38 sekolah dengan jumlah siswa sebanyak 2.726 siswa.

Baca Juga:UNBK 2019 di Kalsel, Banyak Ruang SMP Belum Ideal

Editor: Fariz Fadhillah



Komentar
Banner
Banner