Olahraga

Kalsel Geber Kejurnas Wisata Rally Putaran 4, Cek Rutenya

Bertajuk Antasari Wisata Rally, kejuaraan yang diselenggarakan oleh Gabungan Otomotif Banua Sehati (Gabus) ini rencananya digelar dari 6-8 Oktober 2023.

Featured-Image
Bertajuk Antasari Wisata Rally, kejuaraan yang diselenggarakan oleh Gabungan Otomotif Banua Sehati (Gabus) ini rencananya digelar dari 6-8 Oktober 2023. Foto: Syahbani

bakabar.com, BANJARMASIN - Event Kejuaraan Nasional Wisata Rally putaran 4 bakal digelar di Kalimantan Selatan (Kalsel).

Bertajuk Antasari Wisata Rally, kejuaraan yang diselenggarakan oleh Gabungan Otomotif Banua Sehati (Gabus) ini rencananya digelar dari 6-8 Oktober 2023.

Kejurnas ini juga digelar dalam rangka memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang ke - 78.

Start ceremony bakal dibuka langsung Danrem 101/ Antasari, Brigjen TNI Ari Aryanto, bertempat di depan Korem 101/ Antasari, Jalan Jenderal Sudirman, Banjarmasin Tengah, Jumat (6/10) besok. 

Ketua pelaksana, Fransiskus Arifin mengemukakan, kejurnas kali ini juga disandingkan dengan Fun Rally, dimana pesertanya melibatkan pereli lokal di Kalsel.

Untuk kejurnas sendiri terbagi menjadi beberapa kelas seperti Umum Time Rally, Seeded B, Non Seeded, Kejurnas Wanita, serta Time Club/IMI Provinsi.

Kemudian Fun Rally terbaik menjadi dua kelas. Pertama untuk kelas umum, pemula, family, klub Komunikasi dan lainnya. Kemudian kelas SKPD, ASN, TNI, Polri dan BNN.

"Kejurnas ini juga akan disandingkan dengan Fun Really melibatkan peserta lokasi di Kalsel. Kami buka pendaftaran seluas-luasnya," ujarnya, Kamis (5/10).

Sejauh ini animo peserta dalam kegiatan ini cukup tinggi. Tercatat, sudah ada sebanyak 70 peserta yang memastikan diri untuk mengikuti event tersebut.

"Sampai hari ini untuk Kejurnas sudah ada 17 peserta. Sedang Fun Rally ada 53 peserta," beber pria yang akrab disapa Kang Joe ini.

Adapun peserta yang tercatat datang dari penjuru Nusantara. Sebut saja dari Kalimantan Timur, Tengah, Jawa, Bali hingga Sumatra. 

Bahkan ada pereli perempuan asal Banua yang turut ambil bagian dalam event kali ini. "Untuk total hadiah yang diperuntukkan sebesar Rp50 juta, plus trophy," ungkap Joe.

Pihaknya kata Joe, juga masih memberi kesempatan kepada para pereli yang ingin mendaftarkan diri. Pendaftaran Kejurnas masih dibuka hingga 6 Oktober. Sementara untuk Fun Rally dibuka hingga 7 Oktober.

"Uang pendaftaran kejurnas Rp650 - Rp750 ribu. Untuk Fun Rally Rp400 ribu. Untuk kawan-kawan yang ingin mendaftar masih kami buka pintu yang selebar-lebarnya," imbuhnya.

Lebih jauh dijelaskan Kang Joe, untuk Kejurnas akan dimulai pada Sabtu 7 Oktober 2023. Start dan finish bertempat di halaman Hotel Aston Banua, Kabupaten Banjar.

Adapun rute yang dilintasi sendiri mencakup tiga wilayah di Kalsel, Banjarmasin, Banjarbaru dan Kabupaten Banjar. Melintasi wilayah wisata alam, seperti Kiram Park, Mandiangin, hingga Bukit Batu.

Sementara itu, Kepala Bidang Mobility Ikatan Motor Indonesia (IMI) Kalsel, H Arief mengungkapkan, pihaknya tentu memberikan dukungan penuh atas terselenggaranya Kejuaraan Nasional Wisata Rally putaran ke 4 ini.

Menurut H Arif, even ini jelas memberikan dampak positif terhadap perkembangan dan kemajuan dunia otomotif khususnya Rally di Indonesia, terlebih di wilayah Kalsel.

Di sisi lain, kegiatan ini juga menjadi salah satu sarana promosi objek wisata di Bumi Antasari. Lokasi-lokasi lintasan secara otomatis turut mengekspos destinasi wisata alam yang dimiliki Kalsel.

"Ini juga menjadi salah satu targetnya kan, kita promosi wisata, jadi kita ekspos objek wisata yang ada di Kalsel," imbuhnya.

Baca Juga: Usai Kejurnas Sprint Rally 2023 Putaran Keempat, Rihan Variza Puncaki Klasemen

Editor


Komentar
Banner
Banner