Kaleidoskop Politik Sepekan

Kaleidoskop Politik Sepekan: Megawati Pecat Anggota DPRD Kotabaru hingga Prahara Utang Anies

Lanskap politik Indonesia tak pernah surut dalam memetakan konfigurasi politik menuju gelanggang pertarungan di Pemilu 2024. Dalam sepekan, riuh rendah

Featured-Image
Momentum Presiden Jokowi menggandeng tangan Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri

bakabar.com, JAKARTA - Lanskap politik Indonesia tak pernah surut dalam memetakan konfigurasi politik menuju gelanggang pertarungan di Pemilu 2024. Dalam sepekan, riuh rendah diskursus politik memenuhi nalar masyarakat yang tengah duduk manis sembari tersenyum getir menyaksikan akrobat politik.

Kami merangkum kaleidoskop politik dalam sepekan untuk memanggil kembali ingatan masyarakat tentang dramaturgi politik kekinian.

1. Megawati Pecat Anggota DPRD Kotabaru Tajudiennor, Cekcok Berbagi Jabatan

Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri disebut diam-diam telah menandatangani dan menerbitkan surat Pergantian Antar Waktu (PAW) anggota DPRD Kotabaru, Tajudiennor yang digantikan Vitta Yulanty Rossalim.

Ketua DPC PDI Perjuangan Kotabaru, Zulkifli AR membenarkan penerbitan surat PAW untuk menggeser Tajudiennor. "Iya benar, dan sudah diproses KPU. Namun untuk lebih jelasnya silakan datang ke kantor," ucap Zulkifli kepada bakabar.com, Selasa (7/2).

Silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Megawati Pecat Anggota DPRD Kotabaru Tajudiennor, Cekcok Berbagi Jabatan

2. Prabowo Akui Cawapres Masih Kosong, Cak Imin Gigit Jari

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto mengaku masih belum memiliki pendamping di Pilpres 2024. Maka, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar masih gigit jari karena tak dianggap dan belum masuk radar calon wakil presiden mendampingi Prabowo.

Koalisi Kebangkitan Indonesia Raya (KIR) yang digagas Partai Gerindra dan PKB masih menggantung tanpa nominasi capres-cawapres, meski KIR telah meresmikan Sekretariat Bersama.

Silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Prabowo Akui Cawapres Masih Kosong, Cak Imin Gigit Jari

3. Utang Pilkada Anies Baswedan Lunas? Gus Choi Bersyukur

Ketua DPP NasDem Effendy Choirie atau Gus Choi lega begitu mengetahui utang Anies Baswedan kepada Sandiaga Uno dianggap lunas oleh Sandiaga Uno.

"Alhamdulillah kalau benar ya ikhlas dan kalau bener itu Mas Anies punya utang dan kemudian diikhlaskan berarti ya sudah, selesai," kata Gus Choi saat dihubungi bakabar.com, Jakarta, Selasa (7/2).

Silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Utang Pilkada Anies Baswedan Lunas? Gus Choi Bersyukur

4. Relawan Ganjar Bubar: Miskin Gagasan dan Tak Kantongi Tiket Nyapres

Relawan Ganjar Pranowo (GP) Mania membubarkan diri karena menilai figur Gubernur Jawa Tengah yang diprediksi bakal melenggang ke Pilpres 2024 karena miskin gagasan.

"Miskin gagasan sampai detik ini tidak ada tawaran apa yang akan ditawarkan untuk Indonesia ke depan, kalau semisal dia sosok yang benar-benar ingin menjadi presiden atau tokoh bangsa ya," kata Ketua Umum GP Mania, Immanuel Ebenezer di Kantor DPP Jokowi Mania Nusantara, Jakarta, Kamis (9/2).

Silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Relawan Ganjar Bubar: Miskin Gagasan dan Tak Kantongi Tiket Nyapres

5. Dasco: Pertemuan Airlangga-Muhaimin Sepengetahuan Gerindra

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengatakan pertemuan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dengan Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar pada Jumat (10/2), tidak keluar dari kesepakatan yang sudah dijalin antara Partai Gerindra dan PKB.

"Saya pikir apa yang sudah kami sepakati dengan PKB sudah jelas. Saya pikir apa yang dilakukan PKB itu adalah seperti yang sudah dibicarakan, kunjungan partai-partai itu untuk saling memperkuat ikatan koalisi," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Jumat (10/2).

Silakan baca selengkapnya di sini.

Baca Juga: Dasco: Pertemuan Airlangga-Muhaimin Sepengetahuan Gerindra

Editor
Komentar
Banner
Banner