LIFESTYLE

Kaleidoskop Film Terlaris Sepanjang Tahun 2022, Sudah Nonton?

Dunia film komersial terus bergerak bahkan melesat menjadi bagian dari zaman. Setiap tahunnya, rumah produksi terus tumbuh menghasilkan film-film fantastis.

Featured-Image
Daftar film terlaris di dunia sepanjang tahun 2022. Foto: Dok. Pikiran Rakyat.

bakabar.com, JAKARTA - 127 tahun silam, tepatnya 28 Desember tahun 1895, film komersial pertama kali ditayangkan di dunia oleh Louis dan Auguste Lumiere atau yang biasa disebut sebagai Lumiere Bersaudara.

Pemutaran film tersebut dilakukan di Grand Cafe, Paris. Dimana film ini menceritakan tentang kehidupan orang-orang yang ada di Paris pada zaman itu.

Berkaca dari etape seabad lebih itu, dunia film komersial terus bergerak bahkan melesat menjadi bagian dari gerak zaman. Setiap tahunnya, rumah produksi terus tumbuh menghasilkan film-film yang bernilai ekonomi fantastis. 

Kaleidoskop Film Komersial Terlaris Tahun 2022

Tahun segera berganti, namun selalu ada yang tertinggal sebagai penanda, salah satunya adalah film. Pecinta layar lebar pastinya memiliki satu atau lebih ragam judul film favorit tahun ini.

Ya, tahun 2022 pun bisa dibilang merupakan tahun yang cukup variatif bagi kancah sinema dunia, dengan aneka genre, sekuel fantastis, hingga kualitas teknis dan produksi yang terus berkembang dari tahun ke tahun.

Berikut ini daftar film terlaris selama tahun 2022 berdasarkan timeline penayangannya:

1. "The Batman"

Dikemas dengan lebih gelap dengan naratif yang begitu rapi, membuat film yang duperankan oleh Robert Pattinson ini berhasil menggaet penggemar serta audiens lainnya, hingga mengantarkan kemegahan tersendiri sebagai pembuka tahun 2022.

Tak mengherankan jik adi tangan dingin sang sutradara Matt Reeves, The Batman pun dilaporkan berhasil meraih keuntungan sebesar 770,8 juta dolar AS.

2. "Doctor Strange in the Multiverse of Madness"

Pahlawan super masih menjadi yang terdepan di papan perolehan penonton dunia, terbukti dengan garapan adaptasi komik Doctor Strange dari Marvel yang merajai layar bioskop di medio awal 2022.

Film ini dinilai menjadi kesegaran baru di sinematik Marvel (MCU) karena sentuhan dari sang sutradara Sam Raimi yang berbeda.

Selain itu, pengembangan karakter dari Strange (diperankan oleh Benedict Cumberbatch) dan Wanda Maximoff (diperankan oleh Elizabeth Olsen) juga semakin matang dan seru.

3. Top Gun

Tak ada yang menyangka bahwa "Top Gun" (1986) akan mendapatkan sebuah sekuel tiga dekade kemudian. Kembalinya Tom Cruise sebagai pilot Maverick tak hanya berhasil mengobati rindu para penggemar akan aksinya, namun juga berbuah manis pada pendapatan di box office.

Premis cerita sederhana yang dikemas dengan rentetan aksi menegangkan oleh sutradara Joseph Kosinski ini, membuat film bahkan melampaui "Mission: Impossible: Fallout" (2018) untuk menjadi film terlaris Tom Cruise sepanjang masa di box office seluruh dunia.

"Top Gun: Maverick" dilaporkan meraih 1,489 miliar dolar AS di box office.

4. "Jurassic World Dominion"

Memasuki pertengahan tahun, tak ada salahnya melihat para jagoan kita di "Jurassic Park" (1993) dan "Jurassic World" (2015) reuni dan mencoba menyelamatkan dunia dan para dinosaurus yang hidup berdampingan.

Dengan sentuhan nilai nostalgia dan balutan keseruan dari para karakter yang begitu familier bagi audiens, membuat film ini setidaknya meraih 1,003 miliar dolar AS di box office.

5. "Black Panther: Wakanda Forever"

Jelang akhir tahun, merupakan waktu yang ditunggu-tunggu oleh pecinta film, terutama dari MCU, dengan sekuel dari "Black Panther".

Semua orang rasanya penasaran ke mana arah film ini tertuju, mengingat sang lakon utama, T'challa/Black Panther (diperankan oleh Chadwick Boseman) telah pergi untuk selamanya.

Masih disutradarai oleh Ryan Coogler, "Black Panther: Wakanda Forever" menyajikan cerita yang lebih emosional, ditambah dengan karakter-karakter dan dunia baru untuk dijelajahi bersama.

Film ini dilaporkan meraih pendapatan sebesar 790 juta dolar AS. 

6. "Avatar: The Way of Water"

Sekuel lain yang ditunggu-tunggu oleh pecinta film adalah "Avatar: The Way of Water". Dinantikan 13 tahun sejak film pertamanya, sutradara James Cameron rasanya sukses membawa penonton kembali ke Pandora dan berpetualang bersama para karakter kesayangan.

Film membawa premis sederhana tentang keluarga dan menjaga alam, namun, penyajiannya dihadirkan dengan begitu indah, megah, dan bisa dibilang merupakan capaian teknis dan sinematik yang harus disaksikan di layar terbesar yang ada di bioskop.

Sejak perilisannya, "Avatar: The Way of Water" dilaporkan telah meraih lebih dari 889 juta dolar AS dan angka tersebut masih belum final."Avatar: The Way of Water" masih bisa ditonton di bioskop.

Editor


Komentar
Banner
Banner