Tak Berkategori

Kabar Gembira, Kubah Basirih Kembali Dibuka dengan Protokol Covid-19

apahabar.com, BANJARMASIN – Kabar gembira kepada para peziarah. Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau…

Featured-Image
Kubah Basirih atau Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim kembali dibuka pihak keluarga untuk peziarah dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan covid-19, Kamis (4/6). Foto-apahabar.com/Ahya Firmansyah

bakabar.com, BANJARMASIN – Kabar gembira kepada para peziarah. Makam Al Habib Hamid bin Abbas Bahasyim atau lebih dikenal dengan Habib Basirih, kini dibuka kembali, Kamis (4/6).

Dibukanya kubah dilakukan langsung pihak keluarga dengan menggelar membaca doa haul di kubah dipimpin Habib Fitri Bahasyim sebagai penanda dibuka kembali kubah bagi para peziarah.

“Alhamdulillah kubah sudah kembali bisa dibuka untuk peziarah. Tapi tetap kami tekankan kepada peziarah untuk memperhatikan protokol kesehatan covid-19,” ujar salah satu buyut Habib Basirih yaitu Habib Fuad Bahasyim.

Habib Fuad meminta peziarah bisa bekerja sama agar tetap nyaman saat berziarah.

“Kita mengikuti semua protokol kesehatan dari pemerintah, jadi bagi peziarah sebelum masuk ke kubah harus mencuci tangan, menggunakan masker dan apabila ada yang tidak memakai masker mohon tetap di luar,” terang Habib Fuad.

Sementara untuk di dalam kubah sendiri, Habib Fuad menjelaskan pihak keluarga sudah membuat pembatas duduk bagi peziarah sehingga tetap menjaga jarak.

“Di sini sudah ada diberi tanda yang mana ada jarak untuk peziarah,” sebutnya.

Ditambahkan buyut Habib Basirih, Habib Fathurrahman Bahasyim, pembukaan Kubah sudah dikoordinasikan bersama Gugus Tugas Covid-19 Banjarmasin.

Pihak Gugus diakui Habib Fathurahman mengizinkan keinginan untuk kembali membuka kubah bagi peziarah.

“Iya, saya sudah berkomunikasi dengan tim gugus tugas. Mulai malam ini sudah bisa dibuka untuk peziarah, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan untuk kebaikan kita semua,” ucapnya.

Peziarah pun menanggapi pembukaan kubah dengan gembira. Dari pantauan bakabar.com, puluhan peziarah sudah berdatangan memadati kubah sejak selesai salat magrib. Mereka mengetahui kabar dibukanya kubah melalui postingan media sosial.

“Alhamdulillah sangat senang kubah dibuka, sudah bisa berziarah lagi. Biasa ke sini satu bulan sekali setiap malam Jumat,” ujar peziarah asal Kelayan, Banjarmasin, Saidi.

Kubah Basirih sendiri telah ditutup selama hampir satu bulan lebih, tepatnya tanggal 26 Maret 2020 dengan mempertimbangkan wabah covid-19 yang saat itu penyebarannya meresahkan warga Banjarmasin.

img

Pihak keluarga Al Habib Hamid Bahasyim, dipimpin Habib Fitri memanjatkan doa haul menandakan kembali dibukanya Kubah Basirih, Kamis (4/6). Foto-bakabar.com/Ahya Firmansyah

Editor: Aprianoor



Komentar
Banner
Banner