Tak Berkategori

Kabar Baru Tambang Bawah Tanah Kotabaru: Sosialisasi Terbatas tapi Sudah Eksplorasi

apahabar.com, KOTABARU – Penambangan batu bara oleh PT Qinfa Mandiri Industri (QMI) tampaknya bukan sekadar angan-angan….

Featured-Image
Kabar terbaru rencana penambangan batu bara di tujuh desa Kotabaru. Belum sosialisasi, tapi sudah eksplorasi. Foto Presiden Devisi Investasi PT Qinfa, Shirley Shi: Istimewa

bakabar.com, KOTABARU – Penambangan batu bara oleh PT Qinfa Mandiri Industri (QMI) tampaknya bukan sekadar angan-angan.

Penelusuran bakabar.com, perusahaan asal Cina itu bahkan sedang menjalankan tahap rencana penambangan batu bara dengan sistem bawah tanah tanah atau underground.

Meski belum melaksanakan sosialisasi berskala besar ke masyarakat, QMI tetap melakukan aktivitas eksplorasi, atau pengeboran di beberapa lokasi.

Pengeboran dilakukan perusahaan untuk mengetahui seberapa besar potensi batu bara di sana.

“Aktivitas perusahaan saat ini masih dalam tahap eksplorasi. Membuat kajian, dan menghitung nilai ekonomis, serta menyusun rencana kerja,” ujar salah satu narasumber bakabar.com di Kelumpang Barat.

img

PT QMI melakukan sejumlah aktivitas pengeboran di lokasi calon tambang batu bara di Kelumpang Barat. Foto: Istimewa

Untuk diketahui, Kelumpang Barat, menjadi satu dari tiga lokasi pengeboran QMI. Dikonfirmasi, M Octo Brahma Yogayana, Plt Camat Kelumpang Barat membenarkan aktivitas eksplorasi tersebut.

“Ya benar,” ujarnya dikontak bakabar.com, Sabtu (22/5) siang.

Wajar, kata Yoga, perusahaan belum melakukan sosialisasi berskala besar ke masyarakat. Sebab, perusahaan baru melakukan tahap eksplorasi. Bukan eksploitasi.

Sosialisasi dilakukan spasial ke pemilik lahan. Itu sebagai pemberitahuan bahwa perusahaan akan melakukan pengeboran.

“Nanti apabila sudah masuk tahap eksploitasi, memang jadi kewajiban mereka untuk sosialisasi,” ujarnya.

Meski begitu, disinggung soal adanya beberapa kali pertemuan antara perusahaan dengan tiga camat di kawasan rencana penambangan, Yoga tidak membantah.

Hanya saja, Yoga menyebut pertemuan dengan perusahaan hanya bentuk perkenalan, dan silaturahmi. Tidak membahas terlalu mendalam rencana perusahaan.

“Itu pertemuan silaturahmi, dan perkenalan. Kebetulan waktu itu momennya menjelang Imlek,” pungkas Yoga.

Sebelumnya, penambangan batu bara bakal dilakukan PT QMI di tiga kecamatan sekaligus. Yakni, Kelumpang Hulu, Sungai Durian, dan Kelumpang Barat.

Kawasan yang akan ditambang meliputi tujuh desa di tiga kecamatan di kelumpang. Sistemnya underground atau bawah tanah, bukan open pit.

Teknisnya…

Simak di halaman selanjutnya:

HALAMAN
123


Komentar
Banner
Banner