Sepak Bola Internasional

Jurgen Klinsmann Jadi Pelatih Tim Nasional Korea Selatan

Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Korea Selatan.

Featured-Image
Jurgen Klinsmann menjadi pelatih baru tim nasional Korea Selatan. (Foto: dok. lagalaxy)

bakabar.com, JAKARTA - Mantan pelatih Jerman dan Amerika Serikat, Jurgen Klinsmann ditunjuk sebagai pelatih baru tim nasional Korea Selatan.

Klismann setuju menandatangani kontrak berdurasi 3,5 tahun, membawa dirinya mengawal para pemain Korea Selatan menuju ke putaran final Piala Dunia 2026 yang akan berlangsung di Kanada, Meksiko, dan Amerika Serikat.

Pria berusia 58 tahun itu merupakan saksi sejarah yang mempersembahkan gelar Piala Dunia untuk Jerman pada tahun 1990. Klinsmann mencetak 47 gol dalam 108 pertandingan bersama Der Panser.

Dirinya menggantikan posisi Paulo Bento yang sudah mengarsiteki Korea Selatan selama empat tahun terakhir, sebelum mengundurkan diri usai membantu para pemain ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 Qatar.

Baca Juga: 10 Pemain Persib Bandung Dilibas Barito Putera 2-1

“Saya sangat senang dan terhormat bisa mengikuti jejak pelatih hebat yang pernah memimpin tim nasional Korea, dari Guus Hiddink hingga mantan pelatih Paulo Bento,” kata Jurgen Klinsmann dikutip dari bbc.

“Saya tahu bahwa tim nasional Korea telah meningkat dan mencapai hasil dalam jangka waktu yang lama. Saya akan melakukan yang terbaik untuk mencapai hasil yang sukses di Piala Asia mendatang dan Piala Dunia 2026,” lanjut Klinsmann.

Klinsmann yang juga pernah bermain untuk beberapa klub besar seperti Tottenham, Inter, dan Bayern Munchen itu menerima pinangan sebagai pelatih tim nasional Korea, setelah hanya 10 minggu melatih klub Bundesliga, Hertha BSC.

Pertandingan pertamanya sebagai pelatih Taeguk Warriors akan terjadi pada 24 Maret 2023 dengan menghadapi Kolombia pada laga persahabatan.

Sebagai pelatih, ia juga pernah membawa Jerman menduduki peringkat ketiga Piala Dunia 2006, kemudian membantu Amerika Serikat memasuki lolos dari babak penyisihan Piala Dunia 2014.

Editor


Komentar
Banner
Banner