Relax

Jungkook BTS Ultah ke-25, Usia Mulai Memasuki Quarter Life Crisis

apahabar.com, JAKARTA – Anggota boy band BTS, Jeon Jungkook, berulang tahun ke-25 tepat di hari ini,…

Featured-Image

bakabar.com, JAKARTA - Anggota boy band BTS, Jeon Jungkook, berulang tahun ke-25 tepat di hari ini, Kamis (1/9/2022). Pertambahan usia member termuda itu dirayakan dengan beragam cara, sebagai bukti cinta dan dukungan ARMY - sebutan fans BTS - kepada sang idola.

Memang tak bisa dipungkiri, ulang tahun member BTS menjadi momen spesial bagi ARMY, mengingat perjalanan mereka untuk sampai di titik ini tidaklah mudah. Sembilan tahun lalu, Jungkook hanya seorang rookie berbakat dengan mimpi besar.

Namun, berkat segala upaya yang dia kerahkan, Jungkook pun berhasil menjadi superstar di usia belia. Idol berjuluk The Golden Maknae itu, kini, menjadi salah satu sumber kebahagiaan bagi jutaan penggemar.

Jungkook Bakal Mengalami Quarter Life Crisis?

Di sisi lain, Jungkook yang telah memasuki usia 25 tahun, tak menutup kemungkinan bakal mengalami rasa cemas dan gelisah terhadap banyak aspek dalam kehidupan. Perasaan itu dikenal dengan istilah quarter life crisis.

Psikolog Klinis Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM), Azri Agustin, mengatakan quarter life crisis adalah hal lumrah dalam kehidupan. Ini merupakan masa transisi dari fase remaja ke fase dewasa, yang umumnya dialami orang-orang berusia antara 18 sampai 30 tahun.

"Pada masa transisi ini ada tugas perkembangan, misalnya mulai mandiri, mengembangkan karier seperti dimulai dengan memilih pendidikan, menyelesaikan, dan memilih karier untuk ditekuni. Selain itu, juga ada tuntutan dari lingkungan untuk mulai menemukan pasangan, membentuk keluarga, dan diharapkan bisa mapan secara finansial," ujarnya, dikutip dari laman resmi UGM, Kamis (1/9).

Lebih lanjut, Azri menjelaskan ada sejumlah ciri yang menandakan bahwa seseorang tengah mengalami quarter life crisis. Salah satunya, akan mulai meragukan kemampuan diri sendiri, bahkan sering bertanya-tanya, "Apakah aku bisa? Jangan-jangan aku gagal."

Selain itu, sambung Azri, seseorang yang sedang berada di fase quarter life crisis biasanya tak termotivasi dan mulai mengkhawatirkan masa depan. Serta, mulai kecewa dengan pencapaian yang sudah didapat, sampai mempertanyakan tujuan hidup, "Untuk apa aku hidup? Untuk apa aku dihadirkan di dunia ini?"

HALAMAN
12


Komentar
Banner
Banner