Piala AFF 2022

Jumpa Kamboja di Laga Perdana Piala AFF 2022, STY Minta Timnas Garuda Waspada

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong mengungkapkan Skuad Garuda akan mengalami kesulitan saat melawan Kamboja di laga perdana di Piala AFF 2022

Featured-Image
Shin Tae-yong ungkap Timnas Indonesia akan kesulitan melawan Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022 (Foto: apahabar.com/ Bambang S)

bakabar.com, JAKARTA - Timnas Indonesia akan berhadapan dengan Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022 yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Jumat (23/12).

Selain bertemu Kamboja, Timnas Garuda juga menghadapi tiga negara Asia Tenggara lainnya yang tergabung di Grup A Piala AFF 2022, yaitu Thailand, Filipina, dan Brunei Darussalam.

Meski melakoni laga perdana sebagai tuan rumah, pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong mengatakan Skuad Garuda bisa saja mengalami kesulitan saat melawan Kamboja.

“Untuk pertandingan pertama, menurut saya bisa saja menjadi pertandingan yang sulit bagi Indonesia,” ujar Shin Tae-yong di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (20/12) sore.

Baca Juga: Jaga Ketertiban di Stadion Selama Piala AFF, Menpora Minta Penonton Tidak Membawa Flare

Pelatih asal Korea Selatan tersebut juga mengatakan imbas Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu, membuat para pemain absen cukup lama dari lapangan, menjadi salah satu faktor kekurangan timnas.

Shin juga menambahkan bahawa tidak tersedianya lawan tanding uji coba menambah turunnya performa, dan berdampak pada stamina para pemain. 

“Karena setelah ada Tragedi Kanjuruhan memang tidak ada tanding sama sekali, performa pasti menurun. Jadi, apalagi tidak ada uji coba lawan siapa-siapa, jadi pastinya performa menurun,” jelasnya.

Kendati demikian, Coach STY tetap yakin skuad Merah Putih sudah siap menghadapi Piala AFF 2022, terutama laga perdana kontra Kamboja.

Baca Juga: Kapolri: Kami Ingin Liga 1 Bisa Dihadiri Penonton

Selama pemusatan latihan di Bali, Shin meng'gembleng' fisik para pemain, untuk persiapan jelang turnamen dua tahunan se-Asia Tenggara.

“Tapi menurut saya, pastinya fisik sudah meningkat. Jadi, babak pertama pastinya akan sulit bagi kami, tetapi seperti apa yang kami latih selama ini, kalau tunjukkan di dalam lapangan, ya, tidak akan ada masalah,” sambungnya.

Lebih lanjut, Shin Tae-yong pun percaya dengan persiapan anak asuhnya yang sudah mereka jalani. Pelatih berumur 52 tahun itu juga menargetkan Indonesia menjuarai Piala AFF 2022.

“Untuk latihan 100 persen kami siap. Target saat ini harusnya sekarang juara, memang targetnya harus menjadi juara sekarang,” pungkasnya.

Skuad Garuda tergabung ke dalam Grup A Piala AFF 2022 bersama Kamboja, Filipina, Thailand, dan Brunei Darussalam.

Piala AFF 2022 sebenarnya sudah dimulai sejak hari ini, Selasa (20/12). Namun, Timnas Indonesia baru akan bertanding pada Jumat (23/12) mendatang melawan Tim Nasional Kamboja.

Editor


Komentar
Banner
Banner