Piala AFF 2022

Jaga Ketertiban di Stadion Selama Piala AFF, Menpora Minta Penonton Tidak Membawa Flare

Menpora Zainudin Amali menghibau untuk para suporter yang datang ke Stadion GBK untuk tidak membawa flare dan menjaga ketertiban selama pertandingan Piala AFF

Featured-Image
Menpora Zainudin Amali himbau untuk para suporter yang datang ke pertandingan Timnas untuk tidak membawa flare dan menjaga ketertiban (Foto: apahabar.com/ Bambang S)

bakabar.com, JAKARTA –Menpora Zainudin Amali meminta para penonton yang datang ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk menonton Timnas Indonesia di Piala AFF agar tak membuat flare dan benda lainnya yang berisiko.

“Tolong sampaikan, kalau yang biasa bawa flare dan lain sebagainya, lebih baik jangan. Karena pasti tidak akan bisa masuk,” ujar Zainudin Amali di GBK Senayan, Jakarta, Selasa (20/12).

Sebelumnya, Polri telah mengizinkan laga kandang Timnas Indonesia di Piala AFF 2022 boleh dihadiri oleh penonton dengan kapasitas sebanyak 70 persen.

Baca Juga: Kapolri Tinjau Kesiapan GBK Jelang Pertandingan Kandang Timnas di Piala AFF 2022

Menpora berpesan kepada suporter yang akan datang ke stadion GBK untuk tidak membawa flare dan mematuhi segala peraturan yang sudah dikeluarkan oleh Polri.

Lebih lanjut, pria kelahiran Gorontalo itu juga mengatakan nantinya akan dilakukan pemeriksaan yang dilakukan dengan sangat ketat terhadap penonton yang ingin masuk ke Stadion GBK.

“Tolong sampaikan bahwa pemeriksaan kita ketat sebelum dia masuk. Jadi jangan bawa apa-apa. Daripada nanti diperiksa dan ketahuan itu juga berakibat risiko buat mereka,” tegasnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan PSSI telah mengajukan izin untuk penyelenggaraan Piala AFF 2022.

Baca Juga: Tiket Nonton Timnas Indonesia di Piala AFF 2022, PSSI Beri Harga Spesial!

Kapolri pun mengatakan pihaknya telah mengeluarkan surat perizinan terkait permohonan PSSI itu. Nantinya, pertandingan laga kandang timnas Indonesia di GBK bisa dihadiri penonton dengan kapasitas 70 persen.

"Kita tindaklanjuti dengan melakukan pemilihan risiko dan kemarin telah mengeluarkan izin untuk kegiatan Piala AFF ini bisa dihadiri oleh penonton. Untuk saat ini kita berikan maksimal 70 persen dari kapasitas penonton,” terang Kapolri.

Kapolri meminta untuk seluruh penonton yang hadir ke stadion wajib untuk menjaga ketertiban selama kompetisi berlangsung.

“Saya kira dengan Perpol itu sudah mengatur, kalau dilanggar ada sanksinya. Kita minta penonton mematuhi aturan di mana tak boleh bawa flare, tertib, semua ada sanksinya,” tegas Kapolri.

Baca Juga: Jadwal Lengkap Timnas Indonesia di Piala AFF 2022

Lebih lanjut, Sigit mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan GBK terkait dengan pengamanan.

Ia berharap pertandingan timnas di Piala AFF annti akan berjalan sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh FIFA.

“Tentunya tadi kita sudah menyampaikan kepada direktur (GBK) beberapa hal yang mungkin perlu ditambahkan, kemudian standar internasional. Standar FIFA yang diharapkan tentunya betul-betul lebih maksimal,” jelas Kapolri.

Editor


Komentar
Banner
Banner