Pemkot Banjarbaru

Juara Kampung KB Menjadi Kado Harjad ke-25 Banjarbaru

Gelar juara 1 kampung keluarga berkualitas (KB) tingkat Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) 2024,  menjadi kado indah di hari jadi ke-25 Kota Banjarbaru.

Featured-Image
Penyerahan penghargaan oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, kepada Wali Kota Banjarbaru yang diwakili Asisten 1 Abdul Basid dalam Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting. Foto: MC Banjarbaru

bakabar.com, BANJARBARU - Keberhasilan menjuarai Kampung Keluarga Berkualitas (KB) Tingkat Provinsi Kalimantan Selatan 2024 menjadi kado indah di Hari Jadi ke-25 Kota Banjarbaru.

Penghargaan tersebut diberikan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Adapun piagam penghargaan langsung diserahkan Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo, kepada Wali Kota Banjarbaru yang diwakili Asisten 1 Abdul Basid dalam Rakerda Program Bangga Kencana dan Percepatan Penurunan Stunting di Hotel Rattan Inn, Banjarmasin, Kamis (18/4).

Wali Kota HM Aditya Mufti Ariffin tentu bersyukur atas prestasi tersebut, karena semakin menambah warna dan euforia Hari Jadi ke-25 Banjarbaru.

“Masyarakat Banjarbaru harus berbangga, karena prestasi dari tahun ke tahun terus bertambah. Artinya kemajuan dan perkembangan Banjarbaru semakin diakui," ungkap Aditya, Jumat (19/4).

Adapun prestasi terkini merupakan hasil dari kerja keras Kampung KB Kelurahan Guntung Manggis yang berlokasi di Kompleks Wengga IV RT 44 RW 07. Atas prestasi ini pula Banjarbaru akan mewakili Kalsel di lomba tingkat nasional.

Aditya juga sangat mengapresiasi Kampung KB di Kelurahan Guntung Manggis. Termasuk pula dukungan lewat pendampingan yang dilakukan oleh SKPD terkait.

“Harapan kita, usaha dan kerja keras ini akan kembali membuahkan hasil di kancah nasional nantinya. Insya Allah, hasil terbaik akan kita dapatkan,” lanjutnya.

Program Kampung KB sendiri merupakan salah satu inovasi strategis dengan menjadi model miniatur pelaksanaan program Kependudukan, Keluarga Berencana, dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), kesehatan, pendidikan, sosial, serta ekonomi.

Tujuan lain dari Kampung KB adalah memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat, sehingga memiliki ketahanan dan kesejahteraan lebih baik.

Karena itu, intervensi kegiatan di Kampung KB harus disesuaikan dengan kondisi masyarakat dan diperlukan juga data sebagai dasar perencanaan dan penyusunan kegiatan (baseline data).

“Keberhasilan Kota Banjarbaru dalam melaksanakan Program Kampung KB merupakan bukti bahwa Pemerintah Kota Banjarbaru begitu serius dalam memenuhi kebutuhan untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Semoga manfaatnya benar-benar dirasakan masyarakat Kota Banjarbaru,” tuntas Aditya.

Editor


Komentar
Banner
Banner