Pemkab Banjar

Bupati Banjar dan Ketua PKK Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana BKKBN RI

Bupati Banjar H Saidi Mansyur dan Ketua PKK Hj Nurgita Tiyas Terima Penghargaan Manggala Karya Kencana dari BKKBN RI

Featured-Image
Bupati Banjar dan istri selaku Ketua TP PKK menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Kepala BKKBN RI, di Martapura, Kamis (27/7). Foto-MC Banjar

bakabar.com, MARTAPURA - Bupati Banjar H Saidi Mansyur menerima penghargaan Manggala Karya Kencana dari Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) RI.

Penghargaan serupa juga diterima Ketua TP PKK Banjar, Hj Nurgita Tiyas karena dinilai berhasil menurunkan angka stunting.

Tak kalah, H Mansyur yang juga ayah Bupati Banjar menerima penghargaan Dharma Karya Kencana.

Tiga penghargaan tersebut diberikan langsung oleh Kepala BKKBN RI, Hasto Wardoyo saat puncak Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30 tingkat Provinsi Kalsel, di Alun-Alun Ratu Zalecha, Martapura, Kabupaten Banjar Kamis (27/7).

Hasto Wardoyo mengatakan Kabupaten Banjar berhasil menurunkan angka stunting yang signifikan dari mulanya 40 persen kini jadi 26 persen.

"Penurunan angka stunting di Kabupaten Banjar tertinggi di Provinsi Kalimantan Selatan, yaitu mencapai 14,3 persen, bahkan 3 besar di tingkat nasional. Sementara Provinsi Kalsel penurunan stunting tertinggi di Indonesia berada di nomor tiga," ujar Hasto.

Hasto melanjutkan, pemerintah sangat fokus meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) menuju Indonesia Emas tahun 2045.

Oleh karena itu, ucapnya lagi, mencegah stunting dan mengejar penurunan stunting mencapai 14 persen adalah sesuai dengan arahan Presiden RI.

"Saya mengucapkan terimakasih kepada Gubernur, Bupati, Walikota TNI Polri di Kalsel yang telah menggerakkan pengusaha CSR agar menjadi bapak asuh anak stunting, serta sudah adanya dapur sehat atasi stunting di Kabupaten Banjar," tandasnya.

Sementara Bupati Banjar Saidi Mansyur mengungkapkan bersyukur dapat menurunkan angka stunting, dimana menjadi poin penting dalam menghadapi Indonesia Emas nantinya.

“Harganas ini merupakan wujud penting keluarga dalam memperkuat ketahanan nasional,” ungkapnya.

Selain Bupati Banjar dan istri, Wali Kota Banjarbaru dan istrinya serta Bupati Tanah Bumbu juga menerima penghargaan Manggala Karya Kencana pada Harganas tadi.

Editor


Komentar
Banner
Banner