Kunjungan Jokowi

Jokowi Tiba di Balikpapan, Groundbreaking Bandara VVIP hingga ke Kubar

Presiden RI Joko Widodo bakal mengunjungi Kalimantan Timur selama tiga hari, mulai 1 hingga 3 November 2023.

Featured-Image
Presiden Jokowi dalam sambutannya usai melakukan groundbreaking Hotel Bintang 5 di IKN (Foto: dok. Setpres)

bakabar.com, BALIKPAPAN- Presiden RI Joko Widodo berkunjung ke Kalimantan Timur selama tiga hari. Mulai 1 hingga 3 November 2023.

Kepala Penerangan Korem 091/Aji Surya Natakesuma (ASN) Kapten Cba Yudar Zainudin membenarkan. Bahwa Presiden Jokowi sudah tiba di Balikpapan hari ini, Selasa (31/10).

"Sore ini insya allah presiden datang. Menginap semalam baru ke IKN besok 1 November groundbreaking Bandara VVIP," kata Yudar kepada bakabar.com.

Baca Juga: Berkat IKN, PAD Balikpapan Meningkat

Bandara VVIP IKN nantinya digunakan melayani kepentingan kegiatan pemerintahan di IKN. Dibangun dengan luas terminal VVIP 2000 meter persegi (m²) dan terminal VIP 5000 m² serta runway sepanjang 3000 x 485 meter.

Bandara VVIP IKN berjarak sekitar 25 kilometer (km) dari Bandara Sepinggan, Balikpapan dan sekitar 107 km dari Bandara Samarinda.

Baca Juga: Soal Tambang Ilegal sekitar IKN, Pj Gubernur Kaltim: Kewenangan Pusat

Selanjutnya, Jokowi juga akan melakukan groundbreaking pembangunan RS Mayapada, Gedung Pakuwon Nusantara, Jakarta International School (JIS), RS Hermina, SDN 020 Sepaku, Bank Indonesia (BI), Gedung BPJS dan PLTA.

Hingga hari kedua, Presiden Jokowi akan mengunjungi IKN. Pada hari kedua juga akan mengunjungi Sumbu Kebangsaan atau tempat berdirinya istana Negara di IKN.

Baca Juga: Sangga IKN, Balikpapan Bakal Punya Terowongan Bawah Laut Ala Drakor

Di hari ketiga, orang nomor satu itu berkunjung ke Kabupaten Kutai Barat untuk menghadiri acara Festival Dahau dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) ke-24 Kabupaten Kutai Barat (Kubar), Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) tahun 2023 ini.

"Presiden ke Kutai Barat itu pulang-pergi. Akan menghadiri ulang tahun Kutai Barat," jelas Yudar.

Diperkirakan sebanyak 25 ribu massa warga Kubar akan menyambut kehadiran Jokowi di Alun-alun Itho Sendawar. Setelah giat di Kutai Barat, Jokowi akan kembali menuju Bandara SAMS Balikpapan dan bertolak menuju Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

Editor


Komentar
Banner
Banner