Peranan ASEAN

Jokowi Tegaskan ASEAN Masih Penting bagi Dunia

Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dimulainya kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023

Featured-Image
Presiden Jokowi meresmikan Kick of Asean 2023 di Bundaran HU, Jakarta, Minggu (29/1). apahabar.com/setpres

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo atau Jokowi meresmikan dimulainya kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 di Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI, Jakarta Pusat, Minggu (29/01).

"Dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim, pada pagi hari ini secara resmi saya nyatakan kick off Keketuaan ASEAN Indonesia 2023 dimulai," kata Jokowi.

Dalam sambutannya Jokowi menyampaikan, tahun lalu Indonesia telah menjalankan presidensi G20 dengan baik. Lalu tahun ini, Indonesia menjadi Ketua ASEAN di tengah situasi global yang sangat tidak mudah.

Baca Juga: Resmikan KEN 2023, Jokowi: Pariwisata Harus Digenjot 2 Kali Lipat

"Krisis ekonomi, krisis energi, krisis pangan, semua, perang, semua sedang terjadi," kata mantan Wali kota Solo ini.

Jokowi tetap meyakini bahwa ASEAN masih penting dan relevan bagi kawasan dan bagi dunia. Bahkan, ASEAN akan terus berkontribusi untuk perdamian dan stabilitas di Indopasifik.

Pada masa keketuaan ini, Indonesia ingin menunjukkan dan memastikan bahwa ASEAN dapat berkontribusi bagi perdamaian, stabilitas, serta kesejahteraan kawasan dan dunia.

Baca Juga: Minta Saran PDIP, Jokowi Reshuffle Menteri Rabu Pon 1 Februari 2023

"Bahwa ASEAN akan terus dapat menjaga pertumbuhan ekonomi dan ASEAN matters epicentrum of growth," tutup Jokowi.

Sebelumnya pada 13 November 2022, Indonesia telah menerima estafet keketuaan ASEAN dari Kamboja. Penyerahan keketuaan tersebut berlangsung pada Upacara Penutupan KTT Ke-40 dan Ke-41 di Phnom Penh, Kamboja. 

Editor


Komentar
Banner
Banner