Bisnis

Jokowi Jamin Harga BBM Tidak Naik

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan tarif BBM Pertamina tidak naik sampai Juni 2024.

Featured-Image
ilustrasi/my pertamina

bakabar.com, JAKARTA - Presiden Joko Widodo menjamin harga bahan bakar minyak (BBM) tidak akan naik dalam waktu dekat.

Presiden mengemukakan hal itu usai melakukan rapat terbatas membahas soal BBM di kompleks Pangkalan Udara Halim Perdanakusuma Jakarta, Senin (4/2/2024) pagi, menjelang keberangkatannya ke Australia untuk menghadiri KTT Khusus ASEAN-Australia.

"Tidak akan naik," kata Jokowi saat ditanya apakah harga BBM akan naik.

Presiden mengatakan bahwa Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto atau dari jajaran Direksi Pertamina akan menyampaikan secara khusus soal BBM.

"BBM nanti biar Pak Menko yang menyampaikan, atau dari Pertamina yang menyampaikan," ujarnya singkat.

Sebelumnya, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto memastikan tarif BBM Pertamina tidak naik sampai Juni 2024. Kebijakan ini berlaku baik untuk yang bersubsidi maupun non subsidi. Hal ini sudah diputuskan dalam rapat kabinet yang dipimpin Jokowi pada Senin 26 Februari lalu.

"Tadi diputuskan dalam sidang kabinet paripurna (yang dipimpin Presiden Jokowi) tidak ada kenaikan listrik, tidak ada kenaikan BBM sampai Juni (2024) baik itu yang subsidi maupun non subsidi," kata Airlangga kepada wartawan di kantornya, Jakarta Pusat, Senin (26/2/2024).


Sebagai informasi, jenis BBM bersubsidi yakni Biosolar dan Pertalite. Sementara itu, jenis BBM non subsidi yaitu Pertamax, Pertamax Turbo, Pertamina Dex, hingga Dexlite.

Airlangga menyebut kebijakan itu akan membutuhkan tambahan anggaran untuk PT PLN (Persero) dan PT Pertamina (Persero). Tambahan anggaran akan dipenuhi dari Sisa Anggaran Lebih (SAL) dan pelebaran defisit Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2024.ant/det

Editor
Komentar
Banner
Banner