Megaproyek IKN

Jokowi Groundbreaking Bandara VVIP IKN, Beroperasi Desember 2024

Presiden Jokowi meresmikan Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bandara itu akan beroperasi penuh pada Desember 2024.

Featured-Image
Presiden Joko Widodo groundbreaking Bandara VVIP IKN di Kecamatan Penajam, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Rabu (1/11). (apahabar.com/ Arif Fadillah)

bakabar.com, BALIKPAPAN - Presiden Jokowi meresmikan Bandara VVIP IKN di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Bandara itu akan beroperasi penuh pada Desember 2024.

"Ditargetkan beroperasi penuh Desember 2024. Tetapi sudah bisa dipakai bulan Juni 2024," kata Jokowi, Rabu (1/11).

Jokowi menegaskan Bandara itu dibangun karena padatnya kegiatan Ibu Kota Nusantara (IKN). Walhasil, mobilitas dari dan menuju IKN bakal semakin tinggi.

Baca Juga: Mayapada Bangun RS di IKN, Jokowi: Jangan Lupakan Pasien BPJS!

Karenanya, bandara tersebut mendukung pelayanan kegiatan pemerintahan di IKN. Serta membantu konektivitas IKN dengan daerah lainnya di Indonesia.

"Saya yakin bandara IKN ini akan meningkatkan daya saing, mendorong pertumbuhan ekonomi, dan mendorong pengembangan potensi di daerah, serta akselerasi pembangunan," jelas Jokowi.

Sementara itu, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan pembangunan Bandara Internasional tersebut dilakukan dengan skema tahun jamak. Dengan total anggaran Rp4 triliun.

Baca Juga: Berkat IKN, PAD Balikpapan Meningkat

Bandara ini juga merupakan kolaborasi 2 kementerian. Yakni Kementerian Perhubungan pada sisi darat dan Kementerian PUPR di sisi udara.

"Bandara ini menunjang pelayanan kegiatan ibu kota nusantara. Air Bus 380 bisa mendarat di Bandara ini," jelas Budi Karya. 

Editor


Komentar
Banner
Banner