Pemilu 2024

Jelang Pemilu, Putri Gusdur Beri Panduan ke Gusdurian untuk Pilih Pemimpin

Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid menyampaikan panduan bagi para Gusdurian untuk memilih pemimpin ideal jelang Pemilu 2024, karena mereka ki

Featured-Image
Alissa Wahid. Foto-Net.

bakabar.com, JAKARTA - Koordinator Nasional Jaringan Gusdurian, Alissa Wahid menyampaikan panduan bagi para Gusdurian untuk memilih pemimpin ideal jelang Pemilu 2024, karena mereka kini diincar oleh parpol.

Terkait itu, Putri sulung Presiden ke-4 RI Abdurrahman Wahid atau Gusdur Alissa Wahid, menyampaikan merinci ada beberapa kriteria pemimpin yang dianggap ideal oleh Gusdurian.

Pertama, pemimpin harus memiliki kualitas spiritual. Kedua, berdiri di atas prinsip kemanusiaan; ketiga, terus teruji memperjuangkan keadilan, kesetaraan, pembebasan.

Baca Juga: Alissa Wahid Sindir Politikus, Hanya Jadikan Gusdurian Modal untuk Menang Pemilu

Kriteria keempat yakni pemimpin harus sederhana dan tidak bermewah-mewah di atas penderitaan rakyat. Hal ini yang kini mengemuka di tengah kehidupan pemimpin kita.

"Lalu pemimpin yang mampu membangun persaudaraan; pemimpin yang mampu menghargai kearifan tradisi dan pemimpin yang selalu bersikap ksatria," kata Alissa dalam keterangannya di laman resmi NU.

Alissa berpendapat kriteria pemimpin itu sebagai panduan bagi para Gusdurian saat nanti ingin menentukan pilihan pribadinya.

Baca Juga: Menteri Era Gusdur Resmi Gabung PKN

Meski begitu, ia menyadari ketika memilih nantinya tidak harus semua kriteria itu terpenuhi semuanya. Tapi Alissa yakin para penggerak Gusdurian sudah punya bekal nurani yang kuat untuk memilih.

"Setiap Gusdurian bebas menentukan," kata Alissa

Alissa turut menyoroti nama Gusdurian kerap kali disebut-sebut oleh politikus menjelang musim pemilu.

Ia menyindir perilaku politisi yang tak pernah menyebut nama Gusdurian ketika mereka sedang menikmati fasilitas negara atas nama rakyat dan ketika sedang bagi-bagi kekuasaan.

Editor


Komentar
Banner
Banner