Arus Mudik Nataru

Jelang Nataru, Menhub: Jangan Gunakan Kendaraan Roda Dua

Jelang libur Natal Tahun Baru (NATARU) Menteri Perhubungan Indonesia (Menhub) Budi Karya Sumadi minta Masyarakat untuk mengunakan angkutan umum gratis.

Featured-Image
Menhub Budi Karya Sumadi. Foto: Biro Komunikasi dan Informasi Publik (BKIP) Kemenhub

bakabar.com, BOGOR - Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi meminta agar masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua selama arus mudik libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024.

Hal ini disebabkan selama arus mudik Nataru akan mengalami kenaikan mobilitas. Khususnya, bagi masyarakat yang sedang mudik di kampung halamannya masing-masing.

Karena itu, Budi meminta agar masyarakat menggunakan transportasi umum gratis yang telah disediakan pemerintah. Langkah tersebut perlu dilakukan guna mengurai kemacetan.

Baca Juga: Menhub: Pemudik Nataru 2023 Meningkat, Yogyakarta Destinasi Favorit

“Kami mengimbau masyarakat tidak menggunakan kendaraan roda dua untuk bepergian dengan jarak tempuh yang jauh guna meminimalisir angka kecelakaan di jalan," ungka Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi, usai meresmikan Skybridge Bojong Gede, Sabtu (9/12).

Lebih dari itu, Budi menerangkan angkutan umum yang sudah disediakan pemerintah seperti secara gratis seperti bus gratis, kereta gratis, dan kapal gratis.

"Tapi bukan berarti jangan naik motor, boleh, tapi jarak dekat aja," ungkapnya.

Ia memprediksi arus mudik Nataru akan dimulai sejak 20 Desember 2023. Ini kemungkinan akan berlangsung hingga 2 Januari 2024 mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner