Hot Borneo

Jelang Lebaran, Jumlah Penumpang di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya Merangkak Naik

Menjelang libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) kini bersiap untuk menyambut calon penumpang.

bakabar.com, PALANGKA RAYA - Menjelang libur lebaran Idulfitri 1444 Hijriah, Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng) kini bersiap untuk menyambut calon penumpang yang hendak mudik menggunakan transportasi udara.

Pihak Bandara memprediksi jumlah pemudik tahun ini akan mengalami lonjakan mulai 20-25 persen dari hari biasanya yang rata-rata 1.500 orang per hari untuk tujuan Jakarta dan Surabaya.

Sementara itu, puncak pergerakan penumpang atau arus mudik Lebaran 2023 melalui Bandara Tjilik Riwut ini diperkirakan akan terjadi pada 19 April mendatang, sedangkan untuk arus balik atau kedatangan diperkirakan akan terjadi pada 26 April 2023.

Untuk mengantisipasi lonjakan penumpang, Executive General Manager (EGM) Angkasa Pura II Bandara Tjilik Riwut, Ardha Wulanigara mengatakan telah menambah Extra Flight yakni Pesawat Batik Air dan Lion Air.

Selain itu, pihaknya juga telah menyesuaikan jam operasi pelayanan penumpang di bandara selama arus mudik dan arus balik lebaran nantinya, yang biasanya dimulai pukul 07.00-17.00 WIB, kini menjadi pukul 07.00-19.00 WIB.

"Penambahan jam pelayanan ini bertujuan untuk mengakomodasi seluruh penumpang pesawat di Bandara Tjilik Riwut saat mudik dan balik saat lebaran tahun 2023," ujarnya, Selasa (11/4).

Untuk posko mudik di Bandara Tjilik Riwut Palangka Raya, Ardha Wulanigara mengatakan akan mulai dibuka pada 13 April-3 Mei 2023, bekerja sama dengan para stakeholder bandara, TNI , Polri , Basarnas dan Dinas Perhubungan yang siap untuk mengamankan serta menjaga arus mudik lebaran 2023 agar berjalan dengan lancar dan aman.

"Bagi para penumpang kami sarankan untuk tetap mematuhi protokol kesehatan seperti menggunakan masker selama berada di lingkungan bandara," terangnya.

Ardha Wulanigara juga menjelaskan hingga saat ini ketersediaan tiket pesawat masih mencukupi meski ada kenaikan harga sekitar 20 persen dari harga normal biasanya.

Ia berharap dengan adanya penerbangan ekstra (Extra Flight) nantinya dapat mendukung pelaksanaan arus mudik lebaran tahun 2023 ini, dan berjalan dengan baik dan lancar.

Editor


Komentar
Banner
Banner