Piala AFF 2022

Jelang Laga Semifinal, Menpora Ingatkan Pemain Timnas Jangan Egois!

Menpora Zainudin Amali meminta kepada para pemain timnas Indonesia untuk tidak bermain egois dan membuang-buang peluang di laga semifinal melawan Vietnam.

Featured-Image
Menpora menyempatkan hadiri di sela-sela latihan timnas Indonesia jelang laga semifinal Piala AFF 2022 (Foto: dok. Menpora)

bakabar.com, JAKARTA –Menpora Zainudin Amali meminta para pemain Timnas Indonesia untuk tidak bersikap egois, ketika mendapatkan peluang lawan Vietnam di laga semifinal Piala AFF 2022.

Menpora yang menyempatkan hadir disela-sela sesi latihan timnas Indonesia di SUGBK, pada Kamis (5/1), berpesan agar para penggawa Garuda mengedepankan kerja sama ketimbang ambisi perseorangan.

Terlebih, duel melawan Vietnam di laga semifinal Piala AFF 2022 merupakan laga penting yang harus dimaksimalkan untuk dapat lolos ke partai final.

“Harapannya sekaligus menjadi harapan Bapak Presiden [Jokowi] yang dititipkan melalui saya, besok anak-anak harus bermain fokus,” ujar Zainudin, dikutip dari laman resmi Kemenpora.

“Selain fokus juga harus kerja sama tim yang bagus dan tentu tidak ada kelihatan ego perseorangannya,” sambungnya.

Baca Juga: Jadwal Indonesia Vs Vietnam Berubah, Park Hang-seo: Kami Siap Kapan Pun!

Pesan yang disampaikan Menpora ke para pemain skuat Garuda seperti menangkap sentimen masyarakat yang menyoroti performa para penggawa timnas.

Timnas kerap dianggap egois dalam memanfaatkan peluang yang ada di pertandingan-pertandingan sebelumnya.

Pasalnya di beberapa pertandingan babak penyisihan grup, beberapa pemain banyak yang membuang peluang dan tampak bermain egois ingin menciptakan gol sendiri.

Kendati demikian, Zainudin Amali menilai Timnas Indonesia saat ini sudah menunjukkan perubahan signifikan, sehingga mereka siap memberikan penampilan terbaik di leg pertama semifinal melawan Vietnam.

Baca Juga: Janji Manis Shin Tae-yong Jelang Laga Semifinal Piala AFF 2022

“Mereka timnas ini akhirnya sudah menyadari [kerja sama tim], saya mendapat informasi dari Ketum [PSSI], Pelatih [Shin Tae-yong] bahwa ada perubahan dari anak-anak,” tutur Menpora.

Sementara itu juru racik skuat Garuda, Shin Tae-yong menyadari bahwa penyelesaian akhir anak asuhnya itu masih menjadi kendala yang dihadapi Indonesia di pertandingan Piala AFF 2022.

Menanggapi hal tersebut, Shin menegaskan akan memperbaikan persoalan tersebut dan mengaku telah meminta kepada para pemainnya untuk memaksimalkan setiap peluang yang tercipta menjadi gol.

“Saya juga sudah tegaskan kepada para pemain bahwa semifinal dan final ini bukan lagi selisih 3-4 gol lebih. Tapi 1-2 gol cukup,” kata Shin beberapa hari lalu.

“Tapi 1-2 gol cukup, yang penting bagimana bisa memanfaatkan peluang dengan baik. Itu yang akan menentukan kita menang atau tidak,” ujarnya menambahkan.

Timnas Indonesia akan terlebih dahulu menjalani laga semifinal leg pertama Piala AFF 2022 menjadi tuan rumah melawan Vietnam di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, hari ini Jumat (6/1) pukul 16.30 WIB.

Setelahnya, skuat Garuda baru akan terbang ke markas Vietnam untuk bermain di leg kedua semifinal di Stadion My Dinh tiga hari kemudian, Senin (9/1) mendatang.

Editor
Komentar
Banner
Banner