KTT ASEAN

Jelang KTT ASEAN, Angkasa Pura II Lakukan Sejumlah Persiapan

Jelang KTT ASEAN ke-43 di Jakarta, pihak Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan sejumlah persiapan.

Featured-Image
Senior Manager of Branch Communication dan Legal Badar Soekarno-Hatta, Holik Muardi saat ditemui di Bandara Soekarno-Hatta, Rabu, (30/8). Foto: Rizky Dewantara

bakabar.com, TANGERANG - Jelang Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) ASEAN ke-43 di Jakarta, pihak Angkasa Pura II Kantor Cabang Utama Bandara Internasional Soekarno-Hatta melakukan sejumlah persiapan. Persiapan dilakukan untuk mendukung kelancaran perhelatan KTT ASEAN.

Senior Manager of Branch Communication dan Legal Badar Soekarno-Hatta Holik Muardi menjelaskan sejumlah fasilitas telah diperbarui untuk menyambut kedatangan para kepala negara yang akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. 

"Kita mengupgrade fasilitas yang ada di Bandara Soekarno-Hatta, terutama di gedung VIP. Karena nantinya kepala atau pimpinan negara akan melewati gedung VIP ini," ujar Holik di Bandara Soetta, Kota Tangerang, Rabu (30/8).

Menurut Holik, Bandara Soetta juga menyediakan jalur khusus di terminal 3 internasional. Pasalnya, beberapa delegasi dari negara non VIP akan melewati terminal 3 dan terminal CHP (ruang tunggu komersil).

Baca Juga: Ada Penyesuaian Sistem Kerja ASN Jelang KTT ASEAN 2023

"Saat ini progres pembaruan sedang berjalan di Bandara Soekarno-Hatta dan sudah pada tahap penyelesaian atau sudah di angka 70 hingga 80 persen," terangnya.

Selain fasilitas, kata Holik, pihaknya juga memaksimalkan pengamanan terhadap kepala atau pimpinan negara yang akan tiba di Bandara Soekarno-Hatta. Pengamanan tersebut selain dari Avsec, juga melibatkan aparat TNI dan Polri.

"Untuk pengamanan kita berkoordinasi dengan TNI/Polri. Sekitar 6.341 personel yang kita kuatkan untuk mengamankan KTT ASEAN di Bandara Soekarno-Hatta," jelas Holik.

Selain dengan TNI Polri, Bandara Soekarno-Hatta juga menjalin koordinasi dengan pihak imigrasi dan bea cukai. Hal itu bertujuan untuk mempercepat proses administrasi saat mereka tiba di bandara.

Baca Juga: 36 Unit BMW i7 Siap Dipakai Para Pemimpin Negara di KTT Asean Plus 2023

"Kita berkoordinasi dengan imigrasi dan bea cukai, supaya dilakukan fast track untuk para delegasi tersebut, sehingga dapat melewati jalur tersebut dengan baik," paparnya.

Serta tak lupa, ungkap Holik, pihak bandara juga menyediakan help desk di area kedatangan terminal 3 internasional. Help desk sangat bermanfaat untuk membantu para delegasi dalam hal penjemputan oleh pihak panitia.

Editor
Komentar
Banner
Banner