Hot Borneo

Jelang Haul Datu Sanggul, Kendaraan Roda Enam Dilarang Melintas Sementara

apahabar.com, RANTAU – Menjelang Haul Syekh Muhammad Abdussamad Sirajul Huda (Datu Sanggul) ke-257, Rabu (27/7), Dinas…

Featured-Image
Masyarakat bergotong-royong mempersiapan konsumsi untuk jemaah Haul Datu Sanggul ke-257 di Desa Suato Tatakan. Foto: apahabar.com/Sandy

bakabar.com, RANTAU – Menjelang Haul Syekh Muhammad Abdussamad Sirajul Huda (Datu Sanggul) ke-257, Rabu (27/7), Dinas Perhubungan dan Satlantas Polres Tapin mengeluarkan imbauan keamanan lalu lintas.

Demi menjaga keamanan jemaah haul yang menggunakan jalan raya, kendaraan angkutan roda enam ke atas agar tak melintas di Jalan Ahmad Yani Kilometer 102 Desa Suato Tatakan, Kecamatan Tapin Selatan.

Imbauan tak melintas itu berlaku sejak pukul 06.00 sampai 15.00, “Imbauan dibuat demi menjaga keamanan dan keselamatan masyarakat, serta kelancaran haul,” jelas Kabid Lalulintas dan Angkutan Dishub Tapin, Maria Ulfah, Selasa (26/7).

Apabila sudah terlanjur bergerak memasuki kawasan Tapin Selatan, terutama dari arah Kandangan, pengemudi disarankan untuk parkir di rest area di sekitar Bundaran Bungur di Jalan Jenderal Sudirman.

Untuk menjaga ketertiban dan pengaturan kendaraan, Dinas Perhubungan Tapin menempatkan sejumlah personel di Bundaran Bungur.

“Sedangkan dari arah Banjarmasin, diharapkan kendaraan ditempatkan di lokasi yang luas dan tidak memakan badan jalan,” beber Ulfah.

Sementara pengguna roda empat yang membawa penumpang maupun barang, dipersilakan menggunakan jalur alternatif Margasari-Marabahan.

Sementara untuk menjamu jemaah haul yang diperkirakan membeludak, panitia lokal sudah menyediakan ribuan nasi bungkus.

Dalam mempersiapkan konsumsi untuk jemaah, panitia bergotong-royong dengan masyarakat sekitar makam dan desa terdekat.

“Kami menyembelih 2 ekor sapi dan seekor kambing, sehingga diperkirakan menghasilkan 15 ribu nasi bungkus,” papar Ilhamsyah, salah seorang panitia haul.



Komentar
Banner
Banner